Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Insiden di Muzdalifah, Kiai Maman Sentil Panitia Haji yang Tak Profesional

Senin, 03 Juli 2023 – 07:13 WIB
Soal Insiden di Muzdalifah, Kiai Maman Sentil Panitia Haji yang Tak Profesional - JPNN.COM
Foto arsip: Anggota Komisi VIII DPR RI Maman Imanulhaq (tiga kiri) bersalaman dengan Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas (tiga kanan) saat keduanya meninjau pelaksanaan ibadah haji di Arab Saudi. ANTARA/HO-Tim Dokumentasi Maman Imanul Haq.

jpnn.com, JAKARTA - Anggota Komisi VIII DPR RI Kiai Maman Imanulhaq meminta pemerintah, terutama panitia haji Indonesia menyiapkan strategi kedaruratan demi mengantisipasi problem yang terjadi di luar perencanaan.

Menurut Kiai Maman, strategi kedaruratan itu penting agar insiden ibadah haji yang pernah terjadi sebelumnya tidak terulang lagi.

Dia menyebut sebelumnya pernah ada tragedi di Mina, serta jatuhnya crane sekitar di Ka’bah.

"Sekarang tahun ini justru di Muzdalifah,” kata Maman Imanulhaq dalam siaran tertulisnya yang diterima di Jakarta, Minggu (2/7).

Kiai Maman menyebut insiden di Muzdalifah yang terjadi pada ibadah haji tahun ini dapat menjadi pelajaran panitia haji ke depan.

Rombongan jemaah haji Indonesia pada tahun ini mengalami keterlambatan pemberangkatan yang cukup lama dari Muzdalifah ke Mina.

Politikus PKB itu mengatakan pada umumnya jemaah haji hanya menunggu 1–2 jam, tetapi tahun ini sampai 10 jam.

Oleh karena itu, dia meminta strategi kedaruratan itu harus dipikirkan. Bagaimana pergerakan jemaah dari satu lokasi ke lokasi lain.

Anggota Komisi VIII DPR RI Kiai Maman Imanulhaq menyentil panitia haji yang tak profesional terkait insiden Muzdalifah yang dialami jemaah haji Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close