Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Pemanggilan Hasto, Romo Magnis: KPK Sudah Lama Agak Dikebiri

Rabu, 19 Juni 2024 – 20:03 WIB
Soal Pemanggilan Hasto, Romo Magnis: KPK Sudah Lama Agak Dikebiri - JPNN.COM
Ilustrasi KPK. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Guru Besar STF Driyarkara, Prof. Dr. Franz Magnis Suseno berbicara tentang adanya kesan di masyarakat terkait hukum digunakan sebagai alat penguasa untuk membungkam mereka yang tidak bersahabat dengan pemerintah.

Hal ini dikatakan Romo Magnis ketika menanggapi kasus hukum yang tengah dialami oleh Sekretaris Jenderal (Sekjen) DPP PDI Perjuangan, Hasto Kristiyanto di Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Dia melihat tidak salah jika ada yang berpandangan bahwa proses hukum tersebut dilakukan lantaran sikap Hasto yang seringkali kritis terhadap pemerintah.

Hal itu disampaikan Romo Magnis seusai diskusi publik bertajuk 'Hukum Sebagai Senjata Politik' yang digelar di Graha STR, Ampera, Jakarta Selatan, Rabu (19/6).

"Ya itu, dalam masyarakat, termasuk saya ada kesan bahwa dalam pilihan mereka yang diperiksa oleh KPK ada perbedaan, yaitu mereka yang tidak bersahabat dengan pemerintah akan cepat-cepat diperiksa, sedangkan yang lain-lain sepertinya tidak jadi apa-apa, saya tidak bisa menilai apa ini betul," kata Romo Magnis.

Filsuf sekaligus rohaniwan itu juga memberikan kritik keras terhadap Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) yang saat ini terlihat tidak menjalankan tugas dan fungsinya secara independen.

"KPK sudah lama agak dikebiri dan tidak sepenuhnya menjalankan apa yang pernah dijalankan, dan masih saya harapkan daripadanya," lanjutnya.

Romo Magnis juga mengimbau kepada seluruh masyarakat agar tidak perlu khawatir untuk bersikap kritis terhadap pemerintah. 

Franz Magnis Suseno sebut kesan di masyarakat terkait hukum digunakan sebagai alat penguasa untuk membungkam lawan. Conothnya soal Hasto PDIP.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close