Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Perpanjangan Kebijakan Gas Murah, Ketum Apolin Bilang Begini

Selasa, 16 Juli 2024 – 20:35 WIB
Soal Perpanjangan Kebijakan Gas Murah, Ketum Apolin Bilang Begini - JPNN.COM
Gas bumi (Ilustrasi). Foto: dok Antara

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Asosiasi Produsen Oleochemical Indonesia (Apolin) Norman Wibowo mengapresiasi langkah pemerintah untuk meneruskan harga gas murah bagi tujuh sektor industri.

Pasalnya, kebijakan hilirisasi industri sawit membutuhkan faktor penunjang seperti gas murah agar bisa berkompetisi dan melakukan penetrasi produk ke negara lain.

“Kebijakan Harga Gas Bumi Tertentu (HGBT) memang perlu diperpanjang sebagai strategi penguatan daya saing industri di pasar global. Melalui HGBT, kami meyakini hilirisasi sawit akan semakin bertumbuh dan mampu memberikan tambahan devisa kepada negara,” ujar Norman.

Menurut Norman, perusahaan oleokimia anggota Apolin sangat membutuhkan dukungan kebijakan HGBT karena komponen gas ini sangat diperlukan sebagai bahan baku penolong dalam dua jalur.

Jalur pertama adalah produk fatty acid, komponen gas ini diperlukan 20%-23%.

Sedangkan, jalur kedua adalah produk fatty alcohol, komponen gas dibutuhkan 40%-43%.

Selain itu, gas bumi tidak dapat digantikan dengan bahan lainnya karena gas bumi juga digunakan sebagai bahan baku pembuatan gas hidrogen yang menjadi bahan penolong untuk industri oleokimia fatty acid dan fatty alcohol.

“Saat ini dari 13 anggota Apolin, baru 9 perusahaan mendapatkan fasilitas gas murah, kami berharap ke depan semua anggota kami bisa mendapatkan fasilitas tersebut," tutur Norman.

Perusahaan oleokimia anggota Apolin sangat membutuhkan dukungan kebijakan HGBT krn komponen gas ini sangat diperlukan sebagai bahan baku penolong dalam 2 jalur.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA