Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soal Prediksi Badai Hari Ini di Jabodetabek, BMKG: Potensinya Kecil

Rabu, 28 Desember 2022 – 06:57 WIB
Soal Prediksi Badai Hari Ini di Jabodetabek, BMKG: Potensinya Kecil - JPNN.COM
Soal potensi badai di Jabodetabek. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa kemungkinan akan terjadi badai di wilayah Jabodetabek pada 28 Desember 2022, potensinya kecil.

"Berdasarkan prakiraan cuaca BMKG pada 28 Desember 2022 pada umumnya adalah hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, tetapi bukan badai," ujar Deputi Bidang Meteorologi BMKG Guswanto, di Jakarta.

Atas prakiraan cuaca tersebut, dia mengimbau masyarakat untuk tetap tenang dan terus memperbarui informasi melalui kanal-kanal resmi BMKG.

Guswanto menambahkan masyarakat juga diimbau tetap waspada terhadap segala potensi bencana hidrometeorologi di penghujung tahun.

"BMKG mengimbau masyarakat agar mewaspadai dampak dari potensi cuaca ekstrem ini yaitu adanya potensi bencana hidrometeorologis," tutur dia.

Dalam kesempatan sama, Kepala Pusat Meteorologi Publik BMKG, Fachri Radjab mengatakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat bahkan sangat lebat masih berpotensi terjadi hingga awal Januari 2023.

Fachri menambahkan peningkatan curah hujan dengan intensitas lebat hingga sangat lebat berpotensi terjadi pada tanggal 30 Desember 2022.

Terkait badai, dia menjelaskan menurut terminologi meteorologi adalah bagian hujan lebat dan angin kencang yang biasanya terkait dengan siklon tropis atau angin kencang yang menyertai cuaca buruk berkecepatan sekitar 64-72 knot.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) mengatakan bahwa kemungkinan akan terjadi badai di wilayah Jabodetabek pada 28 Desember, potensinya kecil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close