Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soekarno Run Membludak, PDIP Harap Anak Muda Warisi Semangat Bung Karno

Minggu, 30 Juni 2024 – 18:08 WIB
Soekarno Run Membludak, PDIP Harap Anak Muda Warisi Semangat Bung Karno - JPNN.COM
Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto mengikuti Soekarno Run 5K yang dimulai dan berakhir di Parkir Timur Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (30/6). Foto: PDIP

jpnn.com, JAKARTA - DPP Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mengharapkan ajang Soekarno Run yang pesertanya didominasi oleh anak muda bisa mewarisi semangat Proklamator RI Bung Karno.

Hal ini disampaikan oleh Sekretaris Jenderal DPP PDIP Hasto Kristiyanto setelah menyelesaikan Soekarno Run 5K yang dimulai dan berakhir di Parkir Timur Senayan, Kompleks Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Minggu (30/6).

"Sesuai dengan tema Bulan Bung Karno warisi apinya jangan abunya dan api semangat itu berasal dari rakyat karena itulah refleksi kritis atas seluruh ide, pemikiran, perjuangan, gagasan, dan cita-cita Bung Karno di dalam kehidupan demokrasi kita saat ini," kata Hasto.

Hasto tidak ingin kedaulatan rakyat ditinggalkan. Sebab, kedaulatan rakyat itu diperoleh lewat perjuangan yang panjang.

Dosen Universitas Pertahanan (Unhan) RI itu juga menyampaikan Ketum PDIP Megawati Soekarnoputri saat memimpin PDI di masa lalu berjuang untuk mempertahankan demokrasi dengan menghadapi rezim Soeharto yang sangat otoriter.

"Karena itulah, dengan mewarisi api perjuangan Bung Karno, spirit kedaulatan rakyat yang bertumpu pada gerakan kaum muda indonesia yang progresif itu yang akan didorong oleh PDI Perjuangan," kata Hasto.

Sementara itu, Ketua DPP Bidang Pemuda dan Olahraga Eriko Sotarduga menambahkan ajang Soekarno Run diikuti lebih 5 ribu orang. Eriko mengatakan panitia awalnya menyediakan 2 ribu starter pack untuk pelari karena waktunya yang mepet.

"Kami tidak menyangka bahwa sebegitu membludaknya, itu yang disiapkan itu, kurang lebih 2 ribu. Jadi, memang ada yang tidak mendapatkan starter pack tetapi pasti nanti juga akan mendapatkan yang namanya doorprize. Nanti silakan yang belum mendapatkan starter pack mendaftar untuk kami tarik nanti doorprize," kata Eriko.

PDIP tidak ingin kedaulatan rakyat dihancurkan, karena proses mendapatkannya dahulu diperoleh lewat perjuangan yang panjang.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close