Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soliditas Mesin Politik jadi Kunci, Prabowo-Gibran Moncer di Jatim

Senin, 11 Desember 2023 – 16:40 WIB
Soliditas Mesin Politik jadi Kunci, Prabowo-Gibran Moncer di Jatim - JPNN.COM
Pasangan Capres- Cawapres Nomor Urut 2 Prabowo Subianto - Gibran Rakabuming Raka. Foto: Ricardo/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Indikator Politik Indonesia merilis hasil survei nasional berbasis simulasi surat suara nasional pada 23 November-1 Desember.

Dalam hasil survei itu paslon nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka secara signifikan unggul di beberapa wilayah pemilih besar seperti Jawa Timur dan Jawa Barat.

Peneliti Utama Indikator Politik Indonesia Rizka Halida menyebutkan Prabowo-Gibran juga berhasil meraih peningkatan elektabilitas di daerah-daerah yang merupakan basis pemilih PDIP di Jawa Tengah hingga Bali-Nusa.  

“Untuk Jawa Tengah petanya masih dikuasi Ganjar-Mahfud hari ini, tetapi perlu hati-hati karena trennya turun dibandingkan akhir Oktober hingga awal November,” kata Rizka dikutip JPNN.com, Senin (11/12).

Dia menjelaskan elektabilitas Prabowo di Jawa Tengah mengalami lonjakan signifikan, mencapai 35,3 persen meningkat dari posisi sebelumnya yang berada pada level 18 persen dalam periode 27 Oktober-1 November 2023.

Kemudian, elektabilitas pasangan Ganjar-Mahfud mengalami penurunan drastis ke angka 51,7 persen mengalami penurunan dari posisi sebelumnya yang berada di 68,1 persen

Sedangkan, pasangan Anies-Muhaimin Iskandar tetap relatif stabil, berada di kisaran 9 persen.

“Prabowo-Gibran dari 18 persen saja di Jawa Tengah sekarang menjadi 35,3 persen, sekitar dua kali lipat kenaikannya,” lanjutnya. 

Berdasarkan hasil survei Indikator Politik Indonesia, elektabilitas paslon nomor urut 2 Prabowo-Gibran secara signifikan unggul di Jabar dan Jatim

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close