Alexa Analytics
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store

Saran Romo Benny untuk Melawan Radikalisme di Era Digital

Rabu, 07 April 2021 – 16:38 WIB
Saran Romo Benny untuk Melawan Radikalisme di Era Digital - JPNN.COM
Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah BPIP Antonius Benny Susetyo (kedua kanan) menghadiri acara Diskusi Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme yang diselenggarakan oleh TNI AD pada Rabu (7/4/2021). Foto: Dok. BPIP

jpnn.com, JAKARTA - Staf Khusus Ketua Dewan Pengarah Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Antonius Benny Susetyo menghadiri acara Diskusi Komsos Cegah Tangkal Radikalisme/Separatisme yang diselenggarakan oleh TNI AD pada Rabu (7/4).

Sebanyak 100 mahasiswa hadir dalam diskusi bertema Meneguhkan Toleransi Mencegah Radikalisme dan Separatisme.

Romo Benny mengatakan radikalisme terjadi tidak hanya dalam satu agama saja.

“Radikalisme tidak terjadi hanya di suatu agama saja tetapi banyak kelompok yang melakukan tindak radikalisme demi kepentingan sesaat,” ujar Benny.

Benny menjelaskan radikalisme muncul dari pemikiran yang tidak utuh sehingga banyak salah tafsir dan keluar dari konteks.

“Dalam penafsiran sebuah paham harus dipahami secara menyeluruh, tidak boleh hanya setengah atau sebagian dan keluar dari konteksnya," ujar Benny.

Lebih lanjut, Benny menuturkan sekarang ini terjadi perang suci yang mengeklaim mempunyai surga, padahal sebenarnya hanya untuk kepentingan tertentu.

“Munculnya perang suci yang mengeklaim mempunyai surga dan neraka. Padahal ini di dalamnya ada kepentingan lain dan sesaat,” ujar Benny.