Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soroti Kisruh HUT Ke-20 Demokrat, Pengamat Pakai Kata Pelajaran

Senin, 13 September 2021 – 12:21 WIB
Soroti Kisruh HUT Ke-20 Demokrat, Pengamat Pakai Kata Pelajaran - JPNN.COM
Pengamat politik Universitas Andalas Asrinaldi. Foto: Dokpri for JPNN.com.

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat politik Asrinaldi menyoroti kisruh antara Partai Demokrat versi Kongres Luar Biasa (KLB) Deli Serdang dengan Kubu Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) pasca-perayaan HUT ke-20 partai itu menjadi pembelajaran bagi demokrasi Indonesia. 

Menurut Asrinaldi, permasalahan itu menunjukkan proses pelembagaan partai politik di Indonesia masih banyak yang bermasalah. 

"Kasus KLB di Deli Serdang menjadi catatan bagi kita dalam konteks demokrasi hari ini," kata Asrinaldi kepada JPNN.com, Senin (13/9) 

Akademisi Universitas Andalas itu menyebutkan walaupun ada upaya penyelesaian oleh pemerintah dalam hal ini Kemenkumham dengan tidak mengakui kepengurusan KLB Deli Serdang, tetapi itu tidak menjadi bagian dari penyelesaian masalah yang terjadi di dalam partai berlambang bintang mercy itu. 

"Pemerintah hanya berlegitimasi saja, tetapi faktanya masih ada kelompok yang mengaku sebagai pemilik mandat Partai Demokrat," jelasnya. 

Asrinaldi menyebutkan hal ini tidak hanya menjadi perhatian terhadap Partai Demokrat, tetapi menjadi contoh bagi partai lain. 

"Ini akan menjadi contoh juga bagi partai lain dan itu sudah pernah terjadi di Hanura, Golkar, dan PPP," tutur Asrinaldi.(mcr8/jpnn)

Kamu Sudah Menonton Video Terbaru Berikut ini?

Pengamat politik Asrinaldi menyoroti kisruh yang terjadi di Partai Demokrat saat perayaan HUT ke-20 menjadi pelajaran untuk demokrasi Indonesia

Redaktur : Friederich
Reporter : Kenny Kurnia Putra

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close