Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Soroti Perlawanan Bang Long, Reza Kritik Aksi Polisi Melucuti Baju Warga Rempang

Kamis, 21 September 2023 – 08:01 WIB
Soroti Perlawanan Bang Long, Reza Kritik Aksi Polisi Melucuti Baju Warga Rempang - JPNN.COM
Reza Indragiri Amriel. Foto: Andika Kurniawan/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pakar psikologi forensik Reza Indragiri Amriel mengkritik aksi polisi melucuti baju warga Rempang Batam, Kepulauan Riau yang beberapa waktu lalu berdemonstrasi menolak relokasi kampung mereka demi kepentingan investasi asing.

"Memaksa demonstran melepas pakaian mereka seolah sudah menjadi kelaziman yang sah-sah saja dilakukan oleh polisi," ujar Reza Indragiri melalui layanan pesan kepada JPNN.com, Kamis (21/9).

Pendapat itu disampaikan Reza setelah melihat sejumlah video yang memperlihatkan para peserta unjuk rasa di Rempang tak mengenakan baju.

Ada pula video viral yang merekam detik-detik tokoh masyarakat Pulau Rempang, Datok Iswandi alias Bang Long melawan polisi yang ingin membuka paksa bajunya.

"Hanya Bang Long yang bersikukuh melawan, tak membiarkan aparat melucuti bajunya," ucap sarjana psikologi dari UGM itu.

Pakar yang pernah mengajar di Sekola?h Tinggi Ilmu Kepolisian (STIK) ini pun mempertanyakan apa sesungguhnya yang polisi tuju ketika memaksa warga pemrotes itu tak berbaju?

Sebagaimana alasan umumnya, Reza menduga aksi itu dilakukan polisi, mungkin karena warga diduga menyembunyikan barang berbahaya, membawa senjata, atau menyimpan barang bukti kejahatan di balik baju mereka.

Andaipun itu alasannya, kata Reza, maka polisi tetap sepatutnya paham bahwa sebagaimana praktik di sekian banyak negara, begitu pemeriksaan (strip search) selesai dilakukan, selekas mungkin warga disilakan kembali mengenakan baju mereka.

Reza Indragiri mengkritik aksi polisi melucuti baju warga Rempang Batam yang menolak relokasi demi investasi asing. Hanya Bang Long yang melawan tindakan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close