Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sosialisasi 4 Pilar, ini Pesan Gus An’Im kepada Alumni Lirboyo

Sabtu, 30 November 2019 – 13:00 WIB
Sosialisasi 4 Pilar, ini Pesan Gus An’Im kepada Alumni Lirboyo - JPNN.COM
Sosialisasi empat pilar di Pondok Pesantren Lirboyo. Foto: Istimewa

jpnn.com, KEDIRI - Alumni santri Pondok Pesantren (PP) Lirboyo diminta untuk memberi kontribusi nyata membentengi keluarga dan kampung halaman dari upaya radikalisme yang mengancam keutuhan Indonesia.

Hal itu dinyatakan pimpinan PP Lirboyo Gus An’im F Machrus saat sosialisasi empat pilar yang dikemas dalam Forum Silaturahmi Alumni Ponpes Lirboyo (Himasal) se karasidenan Kediri, Jum’at (29/11).

Menurut Gus An’im, aksi nyata radikalisme yang terjadi di Indonesia harus menajdi kajian bersama bagi alumni santri. Ia menilai, alumni santri perlu menilik titik persoalan ketika agama dijadikan alasan hingga membunuh diri dan membahayakan orang lain berimbalan surga.

“itu salah tafsir atau bisa jadi doktrinasi seperti itu yang perlu diluruskan, disini peran santri menilik persoalannya serta harus melakukan dakwah bagaimana sejatinya ber-Islam,” kata Gus An’im yang juga anggota Fraksi PKB itu.

Penyampain pesan dakwah, kata Gus An’im, perlu pendekatan yang berbeda. “Harus kreatif dan dengan pendekatan yang berbeda. Toh, di pesantren sudah dibekali ilmunya dan tinggal menerapkan saja,” ujar Gus An’im mengingatkan.

Penggunaan instrumen sosial media, lanjut Gus An’im, juga bisa menjadi pilihan bagaimana pesan secara efektif tersampaikan. “Berbagi peran saja, alumni ada yang berdakwah di dunia maya dan ada dakwah yang secara langsung ketemu maya,” canda Gus An’im.

Gus An’ain juga meminta agar nilai ajaran selama di pondok pesantren istikamah diterapkan dalam kehidupan nyata. “Ilmu bukan sebatas diketahui , tetapi diamalkan dalam kehidupan sehari-hari. Akhlak sebagai seorang santri harus tetap dijaga dalam kehidupan beragama dan bernegara,” pungas Gus An’im.(mg7/jpnn)

Alumni santri PP Lirboyo diminta untuk membentengi keluarga dan kampung halamam dari upaya radikalisme.

Redaktur & Reporter : Djainab Natalia Saroh

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close