Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Speedboat dan KM Cahaya Arafat Nyaris Tenggelam

Warga Pesisir Bastiong Mengungsi

Selasa, 31 Januari 2012 – 06:42 WIB
Speedboat dan KM Cahaya Arafat Nyaris Tenggelam - JPNN.COM
TERNATE - Cuaca ekstrem akibat pumpunan angin yang memanjang di laut Sulawesi hingga laut Arafuru, berdampak buruk terhadap perairan di Maluku Utara akhir-akhir ini. Terbukti, Minggu (29/1) malam tadi, gelombang tinggi menghantam pesisir Kota Ternate. Bahkan di pesisir Bastiong, empasan ombak mencapai ketinggian hingga 5 meter membuat warga yang bermukim di pesisir pantai panik dan terpaksa mengungsi di tempat yang aman.

     

Sebelumnya, siang hari kecelakaan laut nyaris merenggut nyawa sejumlah penumpang speedboat dari Jailolo tujuan Ternate. Speedboat tersebut nyaris tenggelam di pertengahan perairan  Ternate-Jailolo (baca selengkapnya di halaman 5)      

   

Sementara ombak tinggi yang terjadi sekitar pukul 20.30 WIT, sempat menerjang kawasan kawasan swering, Jalan Pahlawan Revolusi. Hempasan ombak naik hingga ke membasahi badan jalan. Pantauan Malut Post di kawasan swering  malam tadi, ombak tinggi mengakibatkan sejumlah fasilitas rusak. Sebagian swering bahkan rusak.

Selain itu, beberapa rumah makan di kawasan tersebut juga menjadi korban. Satu warung bakso ambruk  dihantam ombak. Ombak juga merusak salah satu bangunan belakang Kantor KP3 di  Pelabuhan A.Yani.Petugas KP3 tadi malam sibuk mengamankan arsip dan barang-barang kantor. Pantauan Malut Post, kondisi yang parah juga terjadi di pesisir Bastiong. Warga yang bermukim di bibir pantai terpaksa mengungsi. ”Ombak kuat sampao  tong pe dapur me dia bage kase rusak,” ujar Ahmad, salah warga Bastiong  yang mengungsi ke rumah kerabatnya. 

TERNATE - Cuaca ekstrem akibat pumpunan angin yang memanjang di laut Sulawesi hingga laut Arafuru, berdampak buruk terhadap perairan di Maluku Utara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA