Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Spirit Pidato Puan Maharani pada Momentum HUT ke-77 RI

Oleh: H. Adlan Daie, Wakil Sekretaris NU Jawa Barat (2010-2021)

Senin, 22 Agustus 2022 – 08:51 WIB
Spirit Pidato Puan Maharani pada Momentum HUT ke-77 RI - JPNN.COM
Wakil Sekretaris PWNU Jawa Barat 2010-2021 H. Adlan Daie. Foto: Dokumentasi pribadi

jpnn.com - Pidato politik Puan Mahahani sebagai ketua DPR RI pada momentun Hari Ulang Tahun (HUT) ke-77 Kemerdekaan RI di sidang tahunan MPR RI dan Sidang Bersama DPR RI dan DPD RI tahun 2022 di kompleks parlemen, Senayan Jakarta (16/8/2022) memukau khalayak.

Puan menggunakan ‘diksi-diksi metafor’ yang mengundang tafsir sejumlah pengamat politik dari beragam perspektif dan sudut pandang.

Dengan diksi metafor simbolik "khas" Indonesia, Puan dalam pidato politiknya di atas yang dihadiri Presiden Jokowi, para menteri, pejabat tinggi negara dan duta besar negara sahabat menganalogikan bahwa laki-laki dan perempuan ibarat dua sayap seekor burung untuk menggambarkan pentingnya kesadaran tentang kesetaraan kedudukan perempuan dan laki-laki dalam peran peran kebangsaan dan kenegaraan.

Puan menegaskan menyertakan perempuan dalam setiap jabatan bukan sebagai kebijakan afirmatif tetapi merupakan kesadaran atas penghargaan harkat dan martabat manusia.

“Laki-laki dan perempuan adalah sebagai dua sayap seekor burung. Jika dua sayapnya sama kuatnya maka terbanglah burung itu sampai ke puncak setinggi-tingginya. Jika patah satu dari pada dua sayap itu maka tak dapatlah terbang burung itu sama sekali," ungkap Puan.

Sebuah analogi yang pas tentang kekuatan bangsa dalam konteks kesadaran kesetaraan gender.

Sprit dari pidato Puan di atas bukan sekadar bisa dipahami sebagai wujud ekspresi keterpanggilan Puan untuk tampil dalam gelanggang politik kontestasi pilpres 2024 yang hingga saat ini didominasi oleh tradisi dan cara pandang "patriarkal", yakni dominasi laki-laki.

Lebih dari dari itu, ruang publik berbangsa dan bernegara sebagaimana dinyatakan Jurgen Habermas adalah tempat berbagai sudut pandang berjumpa dan mencari dasar yang adil dan rasional untuk hidup bersama.

Pidato politik Puan Mahahani sebagai ketua DPR RI pada momentun HUT ke-77 RI pada 16 Agustus 2022) memukau khalayak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close