Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sri Mulyani Minta Perbankan Lebih 'Open' kepada UMKM, Ini Sebabnya

Kamis, 26 Januari 2023 – 20:24 WIB
Sri Mulyani Minta Perbankan Lebih 'Open' kepada UMKM, Ini Sebabnya - JPNN.COM
Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti rendahnya tingkat kredit yanng diberikan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM). Foto: Dok BRI

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti rendahnya tingkat kredit yanng diberikan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Dia meminta lembaga keuangan formal seperti bank di Indonesia untuk lebih terbuka dalam penyaluran kredit kepada UMKM.

"Kalau kita tahu UMKM itu penting, tetapi dari sisi persentase saja Indonesia hanya sebesar 20 persen total pinjamannya dari lembaga keuangan untuk UMKM," kata Sri Mulyani dalam "BRI Micro Finance Outlook 2023" yang dipantau secara virtual di Jakarta, Kamis.

Sri Mulyani membandingkan dengan lembaga keuangan di negara-negara sekitar Indonesia yang bisa memberikan pinjaman kepada UMKM hingga 50 persen dari porsi kredit mereka, bahkan lembaga keuangan di Korea Selatan bisa menyalurkan kredit hingga 80 persen kepada sektor tersebut.

Berkat pembiayaan yang cukup besar dari lembaga keuangan di Negeri Gingseng itu, UMKM Korea Selatan memiliki potensi untuk bertumbuh yang sangat besar karena likuiditas dan akses modalnya cukup.

Analisis Bank Rakyat Indonesia (BRI) membeberkan sekitar 45 juta pelaku UMKM Indonesia masih membutuhkan tambahan pembiayaan.

Di antara UMKM tersebut, sebanyak 18 juta pengusaha kecil termasuk nasabah ultra mikro belum mendapatkan akses pembiayaan.

Kredit usaha rakyat (KUR) diarahkan kepada pelaku UMKM yang sampai dengan saat ini belum mendapatkan akses pembiayaan perbankan yang sebanyak 18 juta tersebut, maupun yang baru dapat mengakses pembiayaan informal.

Menteri Keuangan Sri Mulyani menyoroti rendahnya tingkat kredit yanng diberikan kepada usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close