Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Stabilkan Harga Cabai di Akhir Tahun, Kementan Turunkan Tim untuk Lakukan Hal Ini

Selasa, 28 November 2023 – 08:10 WIB
Stabilkan Harga Cabai di Akhir Tahun, Kementan Turunkan Tim untuk Lakukan Hal Ini - JPNN.COM
Kementerian Pertanian menyebut produksi cabai saat ini masih dalam level aman jika dibandingkan dengan kebutuhan konsumsi. Foto: Dokumentasi Humas Kementan

jpnn.com, JAKARTA - Kementerian Pertanian (Kementan) terus memperhatikan dinamika harga cabai di berbagai daerah menjelang tahun tahun.

Hal ini dilakukan khususnya dalam menjaga stabilitas harga komoditas hortikultura menjelang Hari-Hari Besar Keagamaan (HBKN).

Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman menekankan pentingnya kehadiran jajaran Kementan di lapangan untuk mendukung petani, memantau produksi, mencatat masalah yang dihadapi, dan memberikan solusi bersama dinas pertanian.

"Jelang Naturu (Natal dan Tahun Baru) ini kita semua harus berada di lapangan, harus berada di dekat petani, hitung produksinya, catat masalahnya dan berikan solusi. Tentunya kalau bersama-bersama dinas pertanian kita bisa temukan solusi terbaik itu," tegas Mentan Amran.

Direktur Jenderal Hortikultura Prihasto Setyanto, memerintahkan untuk secara terus-menerus petugas dari Kementan berada di lapangan.

Tim tersebut terlibat dalam pemantauan harga, distribusi bantuan, pemantauan serangan hama, penyakit tanaman, serta memberikan edukasi kepada petani.

"Tim kami sudah di lapangan, ada yang memantau harga, ada yang memantau bantuan di titik bagi, tim POPT memantau serangan hama dan penyakit tanaman, dan beberapa tim hadir untuk mengedukasi petani," Terang Anton, sapaan akrabnya.

Anton yang juga menjabat sebagai Plt Sekjen Kementan menjelaskan meskipun kenaikan harga cabai merupakan hal biasa, upaya pemberian bantuan pompa sumur dalam di beberapa wilayah telah dilakukan untuk mengatasi dampak kekeringan sehingga produksi diharapkan dapat kembali normal.

Kementan menurunkan tim ke lapangan untuk melakukan berbagai hal guna menstabilkan harga cabai di akhir tahun atau menjelang HBKN

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close