Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Steven Kandouw Gagal Paham & Salah Jawab Pertanyaan Elly Lasut di Debat Pilgub Sulut

Kamis, 10 Oktober 2024 – 19:40 WIB
Steven Kandouw Gagal Paham & Salah Jawab Pertanyaan Elly Lasut di Debat Pilgub Sulut - JPNN.COM
Steven Kandouw calon nomor urut tiga pada Pilgub Sulut saat tampil dalam debat politik. Dok: source for JPNN.

jpnn.com, MANADO - Dalam debat perdana Pemilihan Gubernur (Pilgub) Sulawesi Utara (Sulut) 2024 terjadi momen menarik yang menunjukkan ketajaman dan pengalaman Elly Engelbert Lasut dalam memahami isu-isu penting bagi Sulut.

Calon Gubernur nomor urut 2, Elly Lasut, melontarkan pertanyaan mendalam terkait permasalahan kawasan ekonomi khusus (KEK) pariwisata dan tambang di Minahasa Utara.

Namun, Steven Kandouw, calon nomor urut 3, justru gagal memahami inti dari pertanyaan tersebut dan memberikan jawaban yang keliru.

Elly Lasut, yang dikenal memiliki visi strategis untuk Sulut, mengangkat isu keterlambatan realisasi KEK pariwisata dan buruknya pengelolaan Wilayah Pertambangan Rakyat (WPR). Dia menekankan pentingnya memilih prioritas antara penanganan pertambangan atau pengembangan kawasan pariwisata yang hijau.

"Bukankah ini bagian yang tarik-menarik bahkan tolak-menolak? Sehingga apa langkah saudara? Mana yang harus diatasi lebih dulu, apakah penanganan pertambangan atau kawasan ekonomi khusus pariwisata?" tanya Elly dengan penuh ketegasan.

Steven Kandouw malah menjawab dengan pernyataan bias dan tidak tegas. Steven mengatakan bahwa kedua sektor, yaitu pariwisata di Likupang dan pertambangan di Minahasa, dapat dijalankan bersamaan. Ia berpendapat bahwa selama regulasi dipatuhi dan masyarakat dibantu, tidak ada masalah dalam menjalankan keduanya.

Namun, jawaban tersebut mendapat tanggapan dari Elly Lasut. Menurut Elly, jawaban Steven Kandouw mengabaikan konflik yang ada antara isu pariwisata dan kerusakan lingkungan akibat aktivitas pertambangan. Isu longsor, banjir, dan kerusakan alam tidak sejalan dengan upaya mempromosikan kawasan pariwisata yang hijau.

"Konsep yang saya harapkan adalah green economy dengan solusi tebang pilih dan reboisasi. Ini memungkinkan pertambangan tetap berjalan tanpa mengorbankan kelestarian alam serta keindahan kawasan wisata," ujar Elly Lasut.

Cagub Sulawesi Utara Steven Kandouw gagal paham dengan pertanyaan Elly Lasut dalam debat perdana pilgub.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA