Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Stimulus Ekonomi Tak Sentuh Pedesaan

Senin, 09 Februari 2009 – 15:37 WIB
Stimulus Ekonomi Tak Sentuh Pedesaan - JPNN.COM
JAKARTA - Stimulus ekonomi sebesar Rp 71 triliun untuk penanggulangan krisis ekonomi dinilai salah kaprah karena tidak menyentuh sektor pedesaan. Padahal, dari hasil penelitian International Centre for Applied Finance and Economics (InterCAFE) Institut Pertanian Bogor (IPB) krisis perekonomian global nyata-nyata telah memperburuk sektor perekonomian masyarakat di pedesaan.

Hasil penelitian lembaga Inter-CAFE yang disampaikan di Jakarta, Senin (9/2) terungkap krisis global telah melanda pedesaan di setidaknya delapan provinsi yakni Sumatera Utara, Riau, Sumatera Selatan, Jambi, Bengkulu, Bangka Belitung, Kalimantan Barat dan Kalimantan Tengah. Direktur Inter-CAFE Iman Sugema menjelaskan, terdapat beberapa penyebab sehingga krisis di wilayah pedesaan jauh lebih parah dibanding kota.

"Faktor penyebabnya antara lain harga komoditas perkebunan yang merosot tajam di pasar global, khususnya sawit (CPO). Dampaknya jelas, pemutusan hubungan kerja pada buruh tani. Tentu ini tidak tercatat karena mereka di sektor informal," sebutnya.

Penyebab lainnya adalah desa telah terkena imbas PHK dari kegiatan perekonomian di perkotaan dan maupun TKI. "Mereka akan pulang kampung. Ini ikut menambah beban di desa," kata Iman.

JAKARTA - Stimulus ekonomi sebesar Rp 71 triliun untuk penanggulangan krisis ekonomi dinilai salah kaprah karena tidak menyentuh sektor pedesaan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close