Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Strategi Terukur dan Transparan Dorong Pengendalian Sektor Kesehatan dan Ekonomi

Jumat, 22 Januari 2021 – 17:51 WIB
Strategi Terukur dan Transparan Dorong Pengendalian Sektor Kesehatan dan Ekonomi - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR Lestari Moerdijat atau Mbak Rerie. Foto: Humas MPR RI.

jpnn.com, JAKARTA - Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat mengatakan upaya pengendalian penyebaran Covid-19 bersamaan dengan langkah penyelamatan ekonomi nasional dari krisis harus dilakukan dengan strategi yang terukur dan transparan.

"Mengendalikan dua sisi yang memiliki hubungan sebab akibat seperti antara pengendalian Covid-19 dan penyelamatan ekonomi, memang memerlukan mekanisme gas dan rem yang tepat," kata Lestari dalam keterangan tertulisnya, Jumat (22/1).

Lestari menjelaskan pemerintah memilih penanggulangan pandemi berjalan bersamaan dengan upaya pemulihan ekonomi. Tujuannya, agar resesi ekonomi akibat pandemi tidak terus melorot ke titik terendah.

Sosok yang karib disapa Rerie itu mengatakan bila hanya fokus menanggulangi pandemi dan mengabaikan pemulihan ekonomi, justru akan mendatangkan malapetaka yang lebih besar. Sebab, ujar Rerie, akan ditimpa dua bencana besar sekaligus yakni pandemi Covid-19 dan resesi ekonomi yang mendalam.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem menjelaskan dengan pertimbangan tersebut mekanisme gas dan rem antara pengendalian penyebaran Covid-19 dan penyelamatan ekonomi harus berjalan secara terukur dan transparan.

Rerie mengungkapkan dua persyaratan terukur dan transparan ini memerlukan dukungan data yang akurat dari sisi ekonomi dan penanggulangan Covid-19.

Di sisi lain, tambahnya, upaya gas dan rem memerlukan transparansi karena penanggulangan Covid-19 dan penyelamatan ekonomi membutuhkan gerak bersama.

Rerie mengatakan tugas para pemangku kepentingan saat ini adalah mengupayakan data yang akurat dan langkah serta upaya yang transparan untuk mengajak seluruh lapisan masyarakat bersama-sama mengatasi kondisi krisis di sektor kesehatan dan ekonomi secara bersamaan.

Menurut Rerie, bila hanya fokus menanggulangi pandemi dan mengabaikan pemulihan ekonomi, justru akan mendatangkan malapetaka yang lebih besar. 

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close