Struktur Kepangkatan di Tubuh Polri Bakal Ada Perubahan

Rabu, 13 November 2019 – 23:56 WIB
Struktur Kepangkatan di Tubuh Polri Bakal Ada Perubahan - JPNN.COM
MenPAN-RB Tjahjo Kumolo. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi atau Menpan-RB Tjahjo Kumolo menyebut struktur kepangkatan di tubuh Kepolisian Republik Indonesia (Polri) segera mengalami perubahan.

Setidaknya, terdapat satu pos pejabat di Polri mengalami kenaikan pangkat. Nantinya, Kepala Korps Brimob Polri dijabat jenderal berpangkat bintang tiga dari sebelumnya bintang dua.

"Brimob karena sekarang ada 48 ribu anggota, mau ditingkatan 60 ribu anggota, itu kalau dipimpin dengan bintang dua, kan, enggak pas. Jadi, harus bintang tiga," kata Tjahjo ditemui setelah menghadiri Rakornas Indonesia Maju di SICC, Jawa Barat, Rabu (13/11).

Ke depan, kata dia, struktur kepangkatan di Polri bisa terus mengalami penyesuaian. Saat ini, kata Tjahjo, Kemenpan-RB tengah mengkaji penambahan pangkat bintang dua di Polri.

"Jadi, kalau di kepolisian hanya menambah satu bintang menjadi tiga, dan yang sedang kami bahas dan kaji itu penambahan bintang dua ada empat," lanjut dia.

Menurut dia, kenaikan pangkat di kepolisian setelah TNI telah mengalami hal yang sama. Menurut dia, struktur kepangkatan di TNI meningkat setelah Kepala Rumah Sakit Angkatan Darat dijabat jenderal bintang tiga dari sebelumnya bintang dua.

BACA JUGA: Ahok Mau Jadi Bos BUMN, Novel 212 Bilang Begini

"Kalau di TNI, kan, sudah. Misalnya dokter Terawan kepala RSPAD, kan, bintang tiga, Puspom juga bintang tiga," tutur dia. (mg10/jpnn)

loading...