Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Studi Terbaru: Naik Transportasi Umum Lebih Menyehatkan

Selasa, 06 Januari 2015 – 10:31 WIB
Studi Terbaru: Naik Transportasi Umum Lebih Menyehatkan - JPNN.COM

Mungkin sudah banyak yang mengetahui manfaat dari naik kendaraan umum, yakni mengurangi kemacetan. Tapi, studi terbaru di Australia menunjukkan naik kendaraan umum pun bisa memberikan manfaat bagi kesehatan.

Studi terbaru dilakukan oleh seorang dokter di Melbourne, Dr Margaret Beavis.

Ia mengumpulkan data dari Departemen Transportasi di negara bagian Victoria yang pernah melakukan survei terhadap 30 ribu orang di kawasan Melbourne dan sekitarnya.

Dalam survei tersebut, warga ditanya soal bagaimana cara mereka berpergian sehari-hari.

"Mereka yang menggunakan transportasi umum, tetapi naik mobil sendiri ke stasiun kereta atau bus terdekat, beraktivitas sekitar 30 menit sehari. Sementara mereka yang berjalan kaki dari rumah ke stasiun kereta atau bus terdekat sekitar 40 menit," kata Dr Beavis.

Menurut Beavis, 30 menit saja sudah cukup berarti bagi kesehatan, karena bisa mengurangi resiko kematian prematur hingga 20 sampai 22 persen.

Studi Terbaru: Naik Transportasi Umum Lebih Menyehatkan

"Para pejalan kaki dan pesepeda, yang kita gabungkan, rata-rata beraktivitas 38 menit sehari. Mereka sangat hebat, karena telah memenuhi aktivitas fisik yang direkomendasikan, yakni 30 menit sehari dan memberikan manfaat yang sangat baik bagi kesehatan," jelas Dr Beavis. 

Mungkin sudah banyak yang mengetahui manfaat dari naik kendaraan umum, yakni mengurangi kemacetan. Tapi, studi terbaru di Australia menunjukkan naik

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA