Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suara Amerika untuk Obama

Senat Milik Demokrat, Republik Kuasai Parlemen

Kamis, 08 November 2012 – 06:07 WIB
Suara Amerika untuk Obama - JPNN.COM
Sejumlah warga negara Amerika Serikat di Indonesia merayakan kemenangan Obama sebagai Presiden Amerika Serikat dalam acara yang diselenggarakan bertepatan hari pemilihan Presiden AS (U.S. Presidential Election Events) di Jakarta, Rabu (7/11). Obama memenangkan pemilihan setelah meraih suara lebih dari 270 suara dari 583 suara yang diperebutkan. Foto : Arundono/JPNN
WASHINGTON - Sejarah belum berubah. Sejak 1964, kandidat presiden Amerika Serikat (AS) yang menang di Negara Bagian Ohio selalu melenggang mulus menuju Gedung Putih. Selain itu, tidak ada calon dari Partai Republik yang menjadi orang nomor satu di AS tanpa merebut suara Ohio.

Nah, kemenangan Barrack Obama sekaligus kekalahan Mitt Romney dalam Pemilihan Presiden AS 2012 meneguhkan sejarah tersebut. Obama melangkah ke periode kedua jabatannya setelah memenangi perolehan suara di Ohio yang bernilai 18 electoral vote.

Di sisi lain, dengan kekalahan di Ohio, Romney menguatkan tradisi di Partai Republik bahwa untuk menjadi presiden, kandidat harus lebih dulu menaklukkan salah satu di antara 50 negara bagian di AS tersebut.

Obama yang berduet dengan Joe Biden tidak hanya berjaya di Ohio. Presiden incumbent dari Partai Demokrat itu juga berhasil memenangi perolehan suara di beberapa battleground states lainnya. Sebut saja Virginia, Wisconsin, New Hampshire, Nevada, dan Colorado. Sementara itu, hingga tadi malam penghitungan suara di Florida masih belum kelar. Apa pun hasilnya, hal tersebut tidak berpengaruh lagi.

WASHINGTON - Sejarah belum berubah. Sejak 1964, kandidat presiden Amerika Serikat (AS) yang menang di Negara Bagian Ohio selalu melenggang mulus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA