Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah 1,5 Tahun, Belum Bisa Membangun

Keluh Kesah Wilayah Pemekaran

Rabu, 06 Januari 2010 – 08:34 WIB
Sudah 1,5 Tahun, Belum Bisa Membangun - JPNN.COM
WAMENA- Ini keluhan kepala daerah, dari daerah pemekaran. Meski sudah hampir dua tahun menjadi kabupaten baru, sebagai daerah pemekaran, Pemerintah Kabupaten Nduga mengaku belu bisa melakukan pembangunan wilayahnya secara optimal. Pasalnya, sebagian besar wilayah di Kabupaten Nduga adalah pegunungan, yang sulit dijangkau dengan jalan darat.

"Satu-satunya sarana transportasi hanya bisa melalui udara," kata Penjabat Bupati Nduga Benyami Arysoy. Sehingga, untuk menjangkai wilayah-wilayah pemukiman masih sangat sulit. Belum ada jalan darat yang menghubungkan antar wilayah di sana. "Kalau pun ada, ya jalan setapak, keluar masuk hutan," ujar Benyamin.

Karena itu, Benyamin mengaku senang jika ada pejabat pusat sudi mendatangi wilayah barunya. "Biar beliau tahu, betapa sulitnya mengembangkan pembangunan di sini," katanya. Kabupaten Nduga sudah sejak lebih satu setengah tahun lalu berdiri sendiri.

Namun, semenjak menjadi wilayah otonom, kata Benyamin, wilayah ini justru sulit berkembang. Karena tidak ada persiapan infrastruktur. Karena itu, Benyamin berharap kepada Komisi X DPR, yang berkunjung di wilayah itu bisa memberikan informasi kepada Jakarta.

WAMENA- Ini keluhan kepala daerah, dari daerah pemekaran. Meski sudah hampir dua tahun menjadi kabupaten baru, sebagai daerah pemekaran, Pemerintah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close