Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah Ada 7 Kasus Positif, Berikut Cara Pencegahan Cacar Monyet

Senin, 23 Oktober 2023 – 16:35 WIB
Sudah Ada 7 Kasus Positif, Berikut Cara Pencegahan Cacar Monyet - JPNN.COM
Ngabila Salama meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kasus cacar monyet atau monkeypox. Ilustrasi foto: Reuters: CDC/Brian WJ Mahy/Handout

jpnn.com, JAKARTA - Kepala Seksi Surveilans Epidemiologi dan Imunisasi Dinas Kesehatan DKI Jakarta Ngabila Salama meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kasus cacar monyet atau monkey pox.

Diketahui, sebanyak 7 orang warga DKI Jakarta dinyatakan positif cacar monyet.

“Masyarakat jangan panik, akan tetapi perlu waspada. Lakukan beberapa cara mencegah sakit dan mencegah kematian,” ucap Ngabila dalam pesan singkatnya, Senin (23/10).

Ngabila pun memberikan sejumlah cara pencegahan. Yang pertama, menjaga kebersihan diri dengan rajin memakai masker dan mencuci tangan dengan air mengalir serta sabun terutama jika sedang atau bertemu orang sakit.

Yang kedua, hindari kontak fisik dengan orang yang sedang sakit demam, bergejala kemerahan, jerawat, luka, lenting isi air di kulitnya.

Ketiga, berhubungan seksual yang aman, bersih, sehat dengan menggunakan kondom.

“Jangan berhubungan seksual jika pasangan sakit apalagi ada luka pada area kemaluan atau sedang mengalami infeksi menular seksual lainnya,” kata dia.

Keempat, hindari kontak wajah dengan wajah, mulut, kulit, dan barang sehari-hari yang dipakai penderita (alat mandi, alat tidur, dan lain-lain).

Ngabila Salama meminta masyarakat untuk tidak panik dengan adanya kasus cacar monyet atau monkeypox.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close