Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah Dapat Tank, Ukraina Sekarang Minta Jet Tempur, Jawaban Joe Biden Singkat, Menohok

Rabu, 01 Februari 2023 – 02:39 WIB
Sudah Dapat Tank, Ukraina Sekarang Minta Jet Tempur, Jawaban Joe Biden Singkat, Menohok - JPNN.COM
Presiden Amerika Serikat Joe Biden. Foto: AP/Carolyn Kaster

jpnn.com - Hanya beberapa hari setelah permintaan bantuan tank tempur utama mendapat lampu hijau dari Amerika Serikat, Jerman dan beberapa anggota NATO, Ukraina sudah kembali dengan tuntutan baru kepada para donatur.

Kali ini, negara yang tengah berjuang menghadapi invasi Rusia itu menuntut diberi jet tempur secara cuma-cuma, sehingga mereka dapat menyaingi kekuatan udara agresor.

Sayangnya, rencana Ukraina ini tak akan berjalan semulus yang sebelumnya.

Belum apa-apa, permintaan itu sudah ditolak AS. Tidak tanggung-tanggung, penolakan disampaikan Presiden Joe Biden langsung.

Ukraina berharap mendapat pasokan jet tempur generasi keempat Barat seperti F-16, kata seorang penasihat menteri pertahanan Ukraina, Jumat (27/1).

Saat ditanya apakah Amerika Serikat akan menyediakan jet tersebut, Biden memberi jawaban yang singkat, padat dan jelas. "No (tidak, red)," kata Biden kepada wartawan di Gedung Putin, Senin (30/1).

Wawancara singkat itu terjadi tak lama setelah Presiden Ukraina Volodymyr Zelenskiy mengatakan bahwa Rusia telah melakukan serangan tanpa henti di wilayah timur sebagai pembalasan dendam atas perlawanan terhadap invasi mereka.

Zelenskiyy telah memperingatkan selama berminggu-minggu bahwa Moskow bertujuan untuk meningkatkan serangannya di Ukraina setelah sekitar dua bulan kebuntuan virtual di sepanjang garis depan yang membentang melintasi selatan dan timur.

Ukraina tak pernah kehabisan permintaan banutan kepada Amerika Serikat dan negara-negara sekutu lainnya. Ini tuntutan terbaru mereka

Sumber Reuters

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close