Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudah Uzur, Pipa Gas Pertamina Rawan Bocor

Jumat, 02 Juli 2010 – 13:02 WIB
Sudah Uzur, Pipa Gas Pertamina Rawan Bocor - JPNN.COM
KEBUN BUNGA - Jalur pipa gas yang membentang dari Tempino (Jambi) menuju Plaju, Sumatera Selatan milik PT Pertamina Gas kodisinya sudah sangat memprihatinkan. Pipa sepanjang 520 km itu juga rawan kebocoran sehingga kerap terjadi kebakaran pipa di beberapa lokasi tahun 2009 lalu.   

“Ada dua jalur pipa yakni jalur bajubang 1 dan bajubang 2. Masing-masing panjangnya 260 km. Yang jadi masalah pipa tersebut dibangun sejak 1935. Jadi usianya sudah 70 tahunan,” kata Porduction Facility Manager, PT ELnusa Tbk Divisi Oilfield Services (Elnusa OFS)  saat sosialisasi risiko pipa gas kepada warga Sukarami.

     

Kebocoran itu, menurut Estiadi, tidak dapat dihindari jika tidak ada penggantian pipa baru. Apalagi kini sebagian besar jalur pipa gas tersebut sudah menjadi pemukim warga. Sehingga saat terjadi kebocoran pipa gas warga bisa menjadi korban kalau terjadi ledakan.

Pada tahun lalu PT El Nusa sendiri telah berupaya dalam meminimalisir kebocoran pipa gas dengan melakukan penggantian pipa. Pada 2009 dan 2010 lalu masing-masing ada 25 km jalur pipa yang telah diganti baru. Jadi masih ada 470 km lagi yang perlu diganti.

KEBUN BUNGA - Jalur pipa gas yang membentang dari Tempino (Jambi) menuju Plaju, Sumatera Selatan milik PT Pertamina Gas kodisinya sudah sangat memprihatinkan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close