Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sudaryono Dekat dengan Kaum Sarungan, Santri Kudus & Pati Mantap Beri Dukungan

Jumat, 14 Juni 2024 – 20:35 WIB
Sudaryono Dekat dengan Kaum Sarungan, Santri Kudus & Pati Mantap Beri Dukungan - JPNN.COM
Sejumlah santri di Kabupaten Kudus mendeklarasikan diri mendukung Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, maju sebagai Calon Gubernur Jateng 2024, Jumat (14/6/2024). Foto: dok pribadi for JPNN

jpnn.com, KUDUS - Sejumlah santri di Kabupaten Kudus mendeklarasikan diri mendukung Ketua DPD Partai Gerindra Jawa Tengah, Sudaryono, maju sebagai Calon Gubernur Jateng 2024.

Mereka menilai Mas Dar, sapaan akrab Sudaryono, merupakan pemimpin muda berjiwa nasionalis yang dekat dengan kelompok santri di Jateng.

"Kunjungan beliau ke pesantren-pesantren di pesisir Jateng jadi bukti kedekatan Mas Dar dengan kaum santri. Kepribadian beliau yang mudah membaur menarik simpati kiai-kiai kami. Itulah kenapa kami sebagai santri memutuskan mendukung Mas Dar," kata tuan rumah acara deklarasi, Mohamad Ikhsan, Kabupaten Kudus, Jumat (14/6).

Deklarasi dukungan dari kaum sarungan ini digelar di Desa jepang, Kecamatan Mejobo, Kudus. Puluhan santri di Kota Kretek itu membentuk Sandar (Santri Pendukung Mas dar) Kabupaten Kudus sebagai wadah politik mereka mendukung Sudaryono.

Mereka bersepekat menunjuk Mohamad Ikhsan sebagai ketua Sandar Kabupaten Kudus. Menurut Ikhsan, para santri di Kudus menjatuhkan pilihan kepada Sudaryono karena merasa cocok dengan visi pria asli Grobogan itu dalam menjaga toleransi dan kerukunan umat beragama di Jateng.

"Mas Dar ingin berkontribusi membesarkan islam yang moderat di Jateng. Komitmen itu selalu diungkapkan Mas Dar saat sowan ke kediaman kiai-kiai kami," ujar Ikhsan menegaskan.

Dukungan untuk Sudaryono dari kaum santri ini tidak datang dari Kudus saja. Di Pati, puluhan santri juga mendeklarasikan diri mendukung Sudaryono sebagai Calon Gubernur Jateng.

Para santri di Bumi Minatani ini bergabung dalam wadah Sandar Kabupaten Pati karena melihat Sudaryono sebagai figur nasionalis religius yang cocok memimpin Jateng.

Sandar (Santri Pendukung Mas dar) Kabupaten Kudus resmi dideklarasikan sebagai wadah politik mereka mendukung Sudaryono.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close