Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suhendra: Negara Tidak Boleh Gegabah Terima WNI Eks ISIS

Kamis, 06 Februari 2020 – 01:59 WIB
Suhendra: Negara Tidak Boleh Gegabah Terima WNI Eks ISIS - JPNN.COM
Pengamat intelijen Suhendra Hadikuntono. Foto: Dokpri for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat intelijen senior Suhendra Hadikuntono menyarankan pemerintah agar tidak gegabah menerima kembali mantan kombatan ISIS.

"Apabila WNI telah sukarela melepaskan kewarganegaraannya dengan menjadi kombatan asing atau melakukan kejahatan kemanusiaan berupa terorisme, secara hukum mereka telah gugur statusnya sebagai WNI," ujar Suhendra, Rabu (5/02/2020).

Suhendra mengingatkan pemerintah harus menelaah lebih dalam mengenai berkembangnya potensi ancaman radikalisme apabila WNI mantan kombatan ISIS kembali ke Indonesia

Menurut dia, Presiden Jokowi tidak melanggar hak asasi manusia (HAM) jika menolak kepulangan mereka ke Indonesia.

“Sebab, dengan keputusan tersebut justru presiden sedang melindungi hak asasi atau hak untuk mendapatkan ketenangan dan keselamatan dari mayoritas warga negara Indonesia lainnya," tegas Suhendra.

Suhendra meminta pemerintah berfokus melakukan perbaikan program deradikalisasi agar mendapatkan hasil yang efektif dan tepat sasaran.

Dia juga menyarankan pemerintah memberi perhatian lebih serius terhadap potensi terpaparnya berbagai kelompok masyarakat oleh virus radikalisme yang makin menggejala.

"Saya sudah melakukan mapping (pemetaan) untuk memantau pergerakan kaum radikalis ini. Dengan kita menguasai peta pergerakan mereka, akan lebih mudah meredam berkembangbiaknya sel-sel radikalisme," terangnya. (jos/jpnn)

Pengamat intelijen senior Suhendra Hadikuntono menyarankan pemerintah agar tidak gegabah menerima kembali mantan kombatan ISIS.

Redaktur & Reporter : Ragil

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close