Alexa Analytics

Suka Lari? Waspada, Kuku Kaki Bisa Menghitam

Sabtu, 29 Februari 2020 – 04:13 WIB
Suka Lari? Waspada, Kuku Kaki Bisa Menghitam - JPNN.COM
Ilustrasi olahraga lari. Foto : Pixabay

jpnn.com - Olahraga lari merupakan salah satu aktivitas fisik yang paling umum dilakukan oleh banyak orang dari segala usia. Selain mudah dilakukan, kegiatan ini juga memiliki banyak manfaat kesehatan.

Semakin sering berlari, Anda pun harus bersiap untuk mengalami kemungkinan efek samping yang dapat terjadi. Misalnya,i lecet, nyeri otot, pegal, serta kuku kaki yang menghitam dan rusak.

Penyebab Kuku Kaki Menghitam saat Olahraga Lari

Kuku kaki menghitam pada pelari paling sering disebabkan oleh trauma yang berulang.

Saat berlari, tanpa disadari ujung kaki menjadi bagian yang paling menahan tubuh dan sering bergesekkan dengan kaus kaki dan sepatu.

Tekanan dan benturan tersebut makin lama akan merusak pembuluh darah, atau bahkan dapat menimbulkan luka lepuh yang berisi darah di bawah kuku. Kondisi ini dapat membuat kuku kaki terlepas dari tempatnya.

Darah yang terperangkap ini akan terlihat sebagai kuku kaki yang menghitam. Dalam dunia medis, kondisi ini dikenal dengan istilah hematoma subungual.

Selain menghitam, tekanan yang terjadi juga dapat menimbulkan sensasi nyeri. Nyeri dapat dihiraukan pada kasus yang ringan, karena seiring berjalannya waktu kuku baru yang sehat akan tumbuh meski perlu waktu.

loading...