Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sukses Gelar KTT G20, Jokowi Panen Pujian dari Sejumlah Tokoh Dunia

Senin, 21 November 2022 – 15:17 WIB
Sukses Gelar KTT G20, Jokowi Panen Pujian dari Sejumlah Tokoh Dunia - JPNN.COM
Presiden Jokowi memberikan pernyataan pers di media center di Bali International Convention Center, Kabupaten Badung, Provinsi Bali, Rabu (16/11). Foto: Biro Pers Sekretariat Presiden

jpnn.com, JAKARTA - Seusai perhelatan Konferensi Tingkat Tinggi (KTT) G20 berjalan lancar dan aman, Presiden Joko Widodo (Jokowi) mendapatkan banyak pujian baik dari kepala negara anggota G20 maupun dari dalam negeri, kalangan koalisi ataupun oposisi.

Pengamat Intelijen dan Keamanan Robi Sugara mengatakan acara KTT G20 yang berlokasi di Bali itu berjalan sukses meski di tengah situasi krisis global yang menghantui banyak negara.

Namun, Indonesia berhasil menyelenggarakan dengan baik event yang disorot mata dunia tersebut.

“Pertama, penyelenggaraan G20 di Bali sangat sukses. Di tengah krisis global yang masih terjadi, Indonesia berhasil menyelenggarakan G20 dengan terlihat sempurna. Hanya tiga kepala negara saja yang tidak hadir, termasuk Rusia karena dalam kondisi perang,” ujar Robi, Senin (21/11/2022).

Dosen Hubungan Internasional FISIP UIN Jakarta itu menilai meski ada tantangan perang Rusia dan Ukraina yang cukup membuat berang sejumlah anggota G20, tetapi tidak menghambat jalannya diskusi dan pembahasan di setiap forum yang ada di KTT.

“Penyelenggaraan G20 dibilang sukses karena berhasil mencegah persoalan perang Rusia-Ukraina dalam menghambat sejumlah diskusi dan pembahasan di setiap forum. Selain itu, penyelenggaraan G20 tidak ada gangguan keamanan dan berjalan secara lancar,” ucap Robi.

Lebih lanjut, Robi mengatakan dalam forum KTT, Presiden Jokowi juga menyampaikan pesan penting yaitu seruan untuk menghentikan perang secara tegas dan mengajak negara yang berkonflik untuk memilik jalan damai.

Dengan Indonesia yang masuk negara kaya ke-7, Robi berpendapat Indonesia dapat memberikan pengaruhnya untuk memberikan kontribusi nyata terkait persoalan dunia baik itu perang, perubahan cuaca maupun krisis global lainnya.

Seusai perhelatan KTT G20 berjalan lancar dan aman, Presiden Jokowi mendapatkan banyak pujian baik dari kepala negara anggota G20 maupun dalam negeri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close