Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sumsel Diserang Panas Ekstrim

Senin, 26 Maret 2012 – 13:49 WIB
Sumsel Diserang Panas Ekstrim - JPNN.COM
PALEMBANG - Sudah sepekan ini, panas menyelimuti kota Palembang dan sekitarnya.  Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kenten Palembang, cuaca panas sudah ekstrim. Melampaui batas normal, mencapai 34,6 derajat celcius. Biasanya, antara 32 sampai 33 derajat celcius.

Menurut Kepala BMKG Kenten Palembang Muhammad Irdam, fenomena alam ini disebabkan oleh keberadaan matahari yang setiap tahun posisinya selalu berubah dua kali yakni pada 22 Maret dan 21 September. Sepekan ini, matahari berada di atas garis equator khatulistiwa atau dekat dengan bumi.

Kondisi inilah yang menimbulkan cuaca panas yang terjadi pada siang dan malam hari. Namun, cuaca panas yang terjadi saat ini tidak sampai berlangsung lama. Sebab, sudah dua hari belakangan secara perlahan arah matahari mulai bergerak ke arah utara  otomatis dapat mengurangi cuaca panas.

“Cuaca panas memang sudah terjadi lima hari belakangan. Puncaknya terjadi dua hari lalu yakni tanggal 21-22 Maret kemarin yang mencapai 34,6 derajat celcius. Temperatur panas ini tergolong tinggi dari batas normal antara 32 sampai 33 derajat celcius,” kata Irdam kepada koran ini.

PALEMBANG - Sudah sepekan ini, panas menyelimuti kota Palembang dan sekitarnya.  Berdasarkan informasi dari Badan Meteorologi Klimatologi dan

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close