Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sungai Cisadane Sengaja Diracuni

Jumat, 07 September 2012 – 07:09 WIB
Sungai Cisadane Sengaja Diracuni - JPNN.COM
BOGOR-Teka-teki penyebab matinya ribuan ikan di Sungai Cisadane, hingga kini masih tanda tanya. Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) saat ini masih menguji sampel air Cisadane di laboratorium kesehatan daerah (Labkesda). Hasilnya baru diketahui satu minggu ke depan. “Ya, hasilnya tidak bisa langsung diketahui, kami berusaha secepatnya,” kata Kabid Tata Lingkungan dan Dampak Lingkungan (TLDL) BPLH, Shahlan Rasyidi.

Kendati belum diketahui hasilnya, Shahlan tidak menampik penyebab kematian ribuan ikan itu karena diracun. “Seperti tahun lalu ada yang sengaja menyebarkan racun ke Cisadane, sehingga ikan-ikan mati mendadak,” jelasnya.

Selain itu, lanjut dia, penyebab kematian ikan itu juga bisa dikarenakan banyaknya sampah dan limbah rumah sehingga menyebar bakteri e-coli. “Paling banyak di hilir mengandung sekitar 12 ribu bakteri e-coli, sehingga menyebabkan ikan mati dengan jumlah yang banyak,” tambahnya.

Mantan Kabid Kebudayaan Disbudpar itu pun mengimbau kepada masyarakat agar sadar lingkungan. Pasalnya, ekosistem ikan itu sudah semakin sempit dan memerlukan ruang lebih agar ikan tersebut dapat hidup dan berkembang biak.

BOGOR-Teka-teki penyebab matinya ribuan ikan di Sungai Cisadane, hingga kini masih tanda tanya. Badan Pengelolaan Lingkungan Hidup (BPLH) saat ini

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close