Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Superjumbo Duet dengan Red Arrows

Senin, 22 Juli 2013 – 13:03 WIB
Superjumbo Duet dengan Red Arrows - JPNN.COM
The Breitling Wingwalkers perform di Pangkalan Udara Royal Air Force (RAF) Fairford, Gloucestershire. FOTO: dailymail
LONDON - Menyaksikan atraksi akrobatik pesawat tempur mungkin sudah biasa bagi banyak orang. Namun, menyaksikan duet pesawat tempur dengan pesawat komersial superjumbo mungkin hanya terjadi di langit Inggris kemarin (21/7).


jpnn.com - 
Guna memeriahkan event tahunan penerbangan Royal International Air Tattoo (RIAT) 2013, panitia mengundang maskapai penerbangan kebanggaan Inggris British Airways untuk berpartisipasi. Di luar dugaan, ajakan tersebut disambut antusias. Sekalian dalam rangka peringatan kedatangan armada yang terbesar dan termewah pesawat Airbus A380 pada 4 Juli lalu, British Airways menyodorkan pesawat kebanggaannya itu untuk beradu di udara dengan maskot acara RIAT, skuadron jet Red Arrows. 



Bertempat di Pangkalan Udara Royal Air Force (RAF) Fairford, Gloucestershire, dua jenis pesawat tersebut take off bersama membentuk berbagai formasi di udara. Acara itu tentu mengundang decak kagum sekaligus perasaan miris sekitar 150 ribu penonton ajang tahunan atraksi penerbangan terbesar di dunia tersebut. 



"Kesempatan ini menjadi kehormatan bagi seluruh karyawan British Airways. Karena diberi kesempatan menunjukkan keandalan A380 bersama skuadron legendaris Red Arrows," ujar pilot senior British Airways yang memiloti pesawat A380 setelah atraksi berlangsung.



Pemimpin skuadron jet Red Arrows Mike Ling menambahkan, atraksi penerbangan berjalan lancar karena kedua tim mampu bekerja sangat baik dan kompak. "Memang kami harus menyesuaikan jarak dengan presisi tinggi karena bentangan sayap dan ukuran A380 jauh lebih panjang dari rekan partner duet kami biasanya," jelas dia. 



British Airways memesan 12 unit A380 bermesin Rolls Royce Trent 900 dan rencananya dipakai untuk rute jarak jauh menuju Los Angeles dan Hongkong. Maskapai flag carrier Inggris ini menjadi operator A380 kesepuluh. British Airways bergabung dengan maskapai-maskapai penerbangan seperti Qantas, Emirates, Singapore Airlines, Lufthansa, dan Air France sebagai maskapai yang memiliki pesawat Airbus A380. (dailymail/c9/kim)

LONDON - Menyaksikan atraksi akrobatik pesawat tempur mungkin sudah biasa bagi banyak orang. Namun, menyaksikan duet pesawat tempur dengan pesawat

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA