Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Surat Terbuka Perawat Tiongkok untuk Donald Trump: Saya Salut kepada Warga Amerika

Sabtu, 09 Mei 2020 – 14:49 WIB
Surat Terbuka Perawat Tiongkok untuk Donald Trump: Saya Salut kepada Warga Amerika - JPNN.COM
Presiden AS Donald Trump mendengarkan saat rapat dengan eksekutif bidang kesehatan di Cabinet Room Gedung Putih, di Washington, Selasa (14/4/2020). ANTARA FOTO/REUTERS/Leah Millis/AWW/djo

jpnn.com, BEIJING - Seorang perawat Tiongkok menulis surat terbuka untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump. Dalam surat itu dia berbagi kisah tentang pengalamannya di Wuhan dan menyampaikan harapan terbaiknya kepada rakyat AS dalam upaya memerangi penyakit coronavirus baru (COVID-19).

"Saya masih ingat situasi 42.000 petugas medis dari seluruh Tiongkok bekerja sama dengan rekan-rekan lokal kami di Hubei untuk menyelamatkan nyawa siang dan malam," ungkap perawat tersebut.

"Hari ketika saya berangkat menuju Wuhan bersamaan dengan peringatan Malam Tahun Baru Imlek, hari terpenting untuk reuni keluarga di Tiongkok, serupa dengan Malam Natal di AS. Namun, saya merupakan seorang petugas medis, dan sudah menjadi tugas dan janji saya untuk menyelamatkan nyawa," tulisnya dalam surat tersebut.

"Sebanyak 42.000 petugas medis dan saya meninggalkan keluarga kami tanpa ragu dan berangkat dari segala penjuru menuju Wuhan, lokasi di mana kami memulai upaya memerangi COVID-19 demi menyelamatkan nyawa."

Perawat tersebut mengenang sejumlah kesulitan awal yang harus dihadapi akibat kekurangan bahan-bahan medis.

"Hari-hari tersulit itu telah berlalu. Sesuatu yang membuat kami sangat gembira adalah saat semakin banyak pasien pengidap COVID-19 dinyatakan sembuh dan diizinkan pulang dari rumah sakit, khususnya mereka yang berusia lanjut," papar perawat tersebut.

"Kami merawat semua pasien yang berusia lanjut layaknya orang tua kami sendiri. Kami telah memulihkan lebih dari 3.600 pasien berusia 80 tahun ke atas di Provinsi Hubei tanpa meninggalkan atau menyerah dalam menangani mereka. Saya merasa sangat gembira dan bangga," tulis sang perawat.

Di Wuhan, para petugas medis mengerahkan upaya terbaik mereka untuk merawat semua orang, termasuk pasien berusia 108 tahun dan bayi berusia 30 jam, lanjut perawat tersebut.

Seorang perawat Tiongkok menulis surat terbuka untuk Presiden Amerika Serikat (AS) Donald Trump

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close