Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei IDM Pilkada Sumut: Elektabilitas Edy Rahmayadi Tertinggi, Jauh Dibanding Bobby

Kamis, 15 Agustus 2024 – 20:19 WIB
Survei IDM Pilkada Sumut: Elektabilitas Edy Rahmayadi Tertinggi, Jauh Dibanding Bobby - JPNN.COM
Wali Kota Medan Bobby Nasution ketika mendampingi Edy Rahmayadi saat menjabat Gubernur Sumut dalam sebuah acara. Foto: Dokumentasi Humas Pemkot Medan

jpnn.com - Elektabilitas Edy Rahmayadi tertinggi menjelang Pemilihan Gubernur Sumatera Utara (Pilgubsu) berdasarkan hasil survei Indonesia Development Monitoring (IDM).

Hasil survei IDM juga menggambarkan bahwa partisipasi masyarakat Sumut cukup tinggi dalam Pilkada 2024, yakni sebanyak 78,2% pemilih bakal menggunakan hak pilih.

Direktur IDM Heru Supriyatno mengatakan terkait skor penilaian responden untuk kemampuan dan kepemimpinan, serta pengalaman untuk memimpin provinsi Sumut, Edy Rahmayadi mendapat skor tertinggi, yakni 78,4%, disusul Surya 74,6%, Nikson Nababan 72,7%, Musa Rajekshah 60,7%, dan Bobby Nasution 54,3%, sedangkan tokoh lainnya di bawah 50%.

"Sementara ketika responden diberikan pertanyaan secara spontanitas, siapa tokoh yang akan anda pilih sebagai Gubernur Sumut, hasilnya Edy Rahmayadi mendapat tingkat keterpilihan tertinggi dengan 27,8 %," ujar Heru dalam siaran pers, Kamis (15/8).

Untuk pertanyaan yang sama, elektabilitas Nikson Nababan 15,9%, Surya 14,6%, Bobby Nasution 14,1%, Musa Rajekshah 8,9%, sedangkan tokoh lainnya di bawah 4%.

Heru menerangkan bahwa pada uji simulasi 4 nama tokoh di Sumut yang diuji tingkat keterpilihannya dengan pertanyaan tertutup, hasilnya Edy Rahmayadi mendapat skor tertinggi dengan angka 33,8%, Surya 20,9%, Nikson Nababan 16,1%, dan Bobby Nasution 15,3%, sisanya 13,9 tidak memilih.

Kemudian, pada simulasi pasangan calon kepala daerah, duet Edy Rahmayadi-Bakhtiar Ahmad Sibarani mengantongi dukungan 48,4%, sedangkan paslon Bobby Nasution-Surya hanya 37,7%, dan tidak memilih 13,9%.

Survei IDM dilakukan pada 2-12 Agustus 2024, dengan pengambilan sampel pakai metode multistage random sampling yang diikuti sebanyak 1.500 responden tersebar 33 kabupaten dan kota.

Survei IDM mencatat elektablitas Edy Rahmayadi menjelang Pilgubsu tertinggi, jauh dubandingkan Bobby Nasution menantu Jokowi.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA