Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei INSTRAT: Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono Unggul Jelang Pilkada Jakarta 2024

Minggu, 06 Oktober 2024 – 15:11 WIB
Survei INSTRAT: Elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono Unggul Jelang Pilkada Jakarta 2024 - JPNN.COM
Survei terbaru INSTRAT menunjukkan elektabilitas pasangan Ridwan Kamil-Suswono unggul menjelang Pilkada Jakarta 2024. Ilustrasi Pilkada. Grafis: Sultan Amanda Syahidatullah

jpnn.com, JAKARTA - Hasil survei terbaru Indonesia Strategic Institute (INSTRAT) menunjukkan pasangan Ridwan Kamil-Suswono memimpin dengan elektabilitas yang kuat menjelang Pilkada Jakarta 2024.

Namun, meski pasangan Ridwan Kamil-Suswono (RIDO) unggul, perebutan suara undecided voters masih bisa menjadi penentu hasil akhir.

Menurut survei yang dilakukan INSTRAT pada 25-30 September 2024, RIDO menduduki peringkat teratas dengan dukungan 48,29 persen. 

Di posisi kedua, Pramono Anung Wibowo-Rano Karno memperoleh 31,71 persen, sementara Dharma Pongrekun-Kun Wardana tertinggal dengan hanya 4,34 persen dukungan.

Sebanyak 15,66 persen responden menyatakan belum menentukan pilihan, memberikan ruang bagi perubahan hasil dalam beberapa pekan mendatang.

Analisis INSTRAT Adi Nugroho juga menekankan pentingnya dukungan dari kelompok 'Anak Abah', yakni eks pendukung Anies Baswedan pada Pilpres 2024.

Berdasarkan survei, 78,84 persen dari kelompok ini sudah menentukan pilihan mereka dalam Pilkada DKI Jakarta, dengan 46,6 persen di antaranya mendukung Ridwan Kamil-Suswono.

 "Ini menunjukkan kekuatan mereka dalam menarik pendukung dari basis Anies Baswedan, yang menjadi salah satu kunci penting dalam Pilgub kali ini," ujar Adi Nugroho.

Hasil survei terbaru INSTRAT menunjukkan elektabilitas Ridwan Kamil-Suswono unggul menjelang Pilkada Jakarta 2024

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA