Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei LSI: Airlangga Capres Alternatif Terkuat di Pilpres 2024

Rabu, 14 Juni 2023 – 14:21 WIB
Survei LSI: Airlangga Capres Alternatif Terkuat di Pilpres 2024 - JPNN.COM
Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jadi capres alternatif terkuat di Pilpres 2024 berdasarkan survei Laboratorium Suara Indonesia (LSI).

LSI menggelar penelitian survei dengan dengan tema pemetaan kondisi sosial, politik, ekonomi menjelang pemilu, mengukur preferensi pemilih terhadap figur calon presiden dan partai politik, serta mengukur evaluasi publik terhadap keadaan ekonomi dan kinerja pemerintah (approval rating).

Direktur Eksekutif LSI Albertus Dino S. Phil mengatakan metodelogi populasi survei ini adalah seluruh warga negara Indonesia yang sudah dewasa, yaitu mereka yang sudah berumur 17 tahun atau sudah menikah saat survei dilakukan.

Sedangkan sampel dalam survei LSI ini dilakukan dengan mengunakan jumlah sample sebanyak 2200 sample dan sample yang bisa, terverifikasi sebanyak 2080 sample.

Penarikan sample mengunakan metode multistage random sampling dengan margin of error 2,15 persen dengan tingkat kepercayaan 95 persen responden terpilih diambil Dari 710 desa/kelurahan yang tersebar di 388 kabupaten/kota di 34 provinsi.

"Hasilnya, nama Menko Perekonomian Airlangga Hartarto disetujui oleh sebanyak 46,3 persen respoden sebagai tokoh bakal capres yang rekam jejak kinerja, program-program dan kebijakannya telah memberikan pengaruh yang positif pada kehidupan ekonomi dan sosial masyarakat. Kemudian Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo disetujui oleh 22,4 persen, Prabowo Subianto 21,2 persen, Anies Baswedan 10,1 persen," katanya.

Menurutnya, jika melihat hasil survei LSI, masyarakat menilai bahwa program yang dilakukan Airlangga telah menunjukkan kinerjanya yang sangat baik sebagai menteri perekonomian dan membawa perubahan kepada ekonomi Keluarga  meskipun belum normal atau stabil.

"Telah ada peran Menko Perekonomian dalam membantu penangan ekonomi di tengah Covid-19 yang diapresiasi masyarakat," ucapnya.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto jadi capres alternatif terkuat di Pilpres 2024 berdasarkan survei LSI.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close