Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei LSI: Elektabilitas Demokrat Saat Ini Merupakan Sisa Kejayaan SBY

Jumat, 05 April 2019 – 23:32 WIB
Survei LSI: Elektabilitas Demokrat Saat Ini Merupakan Sisa Kejayaan SBY - JPNN.COM
Ketua Umum Partai Demokrat (PD) Susilo Bambang Yudhoyono alias SBY. Foto: dokumen JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan, Partai Demokrat berpeluang melenggang ke parlemen. Elektabilitas partai berlambang mercy itu sebesar 5,9 persen, artinya di atas ambang batas parlemen empat persen.

"Temuan kami, dengan elektabilitas sebesar itu, Demokrat bakal ke DPR," kata Peneliti LSI Denny JA Rully Akbar di kantornya, Jumat (5/4).

BACA JUGA: Survei Charta Politika: Demokrat Masih Andalkan SBY untuk Raup Suara

Hanya saja, Rully memberi catatan terhadap elektabilitas besar Demokrat tersebut. Sebab, Demokrat banyak bergantung pada sisa kejayaan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) untuk menguatkan elektabilitas.

"(Elektabilitas) Demokrat, ini sisa-sisa jejak SBY 10 tahun berkuasa," kata Rully.

Menurut Rully, SBY menuai citra baik saat menjabat Presiden Indonesia. Masyarakat menganggap SBY sebagai pakem pemimpin Indonesia yang gagah dan berparas tampan.

"SBY secara kasat mata pemimpin yang menjadi pakem pemimpin-pemimpin di Indonesia yaitu berasal dari Jawa, gaya raja. Tidak jelek, itu persepsi orang pada pemimpin kan seperti SBY," sambung dia.

Rully menyadari, SBY berupaya keras mendorong Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) menjadi simbol Demokrat. Namun, kehadiran sosok AHY saat ini belum menguatkan elektabilitas Demokrat.

Temuan Lingkaran Survei Indonesia (LSI) Denny JA menyatakan, Partai Demokrat berpeluang melenggang ke parlemen. Elektabilitas partai berlambang mercy itu sebesar 5,9 persen, artinya di atas ambang batas parlemen empat persen.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close