Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei LSPP: Elektabilitas Lucianty-Syaparuddin Unggul dari Pasangan Toha-Rohman

Sabtu, 12 Oktober 2024 – 16:04 WIB
Survei LSPP: Elektabilitas Lucianty-Syaparuddin Unggul dari Pasangan Toha-Rohman - JPNN.COM
Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Musi Banyuasin Lucianty-Syaparuddin. Foto: source for JPNN.com.

jpnn.com, BANYUASIN - Lembaga Studi Politik dan Pemilu (LSPP) merilis hasil survei terkini terkait elektabilitas pasangan calon bupati dan calon wakil bupati Pemilihan Kepala Daerah atau Pilkada Musi Banyuasin 2024.

Hasilnya, paslon Lucianty-Syaparuddin unggul dari Toha Together-Rohman dengan suara 69 persen, disusul pasangan Toha Tohet-Rohman 25 persen.

Survei dilakukan pada 14-24 September 2024 dengan jumlah responden 1.200. Metode survei multi stage random sampling dengan margin of error lebih kurang 2,9 persen pada tingkat kepercayaan 95 persen. Sistem pengambilan survei dilakukan dengan wawancara tatap muka.

Tak hanya itu, setelah resmi mendaftar di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Muba pada 28 Agustus 2024 lalu, elektabilitas keduanya kian meroket, seiring popularitas di berbagai platform media, meninggalkan jauh pasangan rival, Toha-Rohman.

Hal ini tidak lepas dari persiapan matang serta pendekatan intensif yang dilakukan keduanya.

Pengamat politik dari Universitas Sriwijaya M. Haekal Al-Haffafah mengungkapkan bahwa keunggulan Lucianty-Syaparuddin bukan semata hasil dari faktor logistik.

"Dukungan politik yang solid dan strategi komunikasi yang jitu menjadi kunci utama mengapa mereka mendominasi. Lucianty tidak hanya berpengaruh di kalangan elite, tetapi juga mampu meraih simpati masyarakat luas," ungkap Haekal, Sabtu (12/10/2024).

Sedangkan di sisi lain, kampanye negatif yang dilancarkan oleh pasangan Toha-Rohman kerap kali tidak efektif dalam menggoyahkan posisi Lucianty-Syaparuddin.

Lembaga Studi Politik dan Pemilu (LSPP) merilis survei elektabilitas Cabup dan Wabup Muba, hasilnya, Lucianty-Syaparuddin unggul dari Toha Tohet-Rohman.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA