Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Membuktikan Ganjar-RK Tetap Berjaya Meski Prabowo Gandeng Erick Maupun Gibran

Senin, 18 September 2023 – 06:56 WIB
Survei Membuktikan Ganjar-RK Tetap Berjaya Meski Prabowo Gandeng Erick Maupun Gibran - JPNN.COM
Ganjar Pranowo (tengah) dan Ridwan Kamil (berkaus merah) saat sama-sama masih menjadi gubernur. Foto: Antara/Novrian Arbi

jpnn.com, JAKARTA - Beberapa hasil survei akhir-akhir ini menunjukkan bakal capres untuk Pilpres 2024 Ganjar Pranowo memiliki elektabilitas paling tinggi dibandingkan Prabowo Subianto maupun Anies Baswedan.

Hasil survei terakhir Politika Research & Consulting (PRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar makin moncer jika mantan gubernur Jawa Tengah (Jateng) itu berpasangan dengan Ridwan Kamil alias RK.

Melalui survei terhadap 1.200 responden pada 7-12 September 2023, PRC membuat tiga simulasi pasangan yang bersaing di Pilpres 2024. Hasil tiga simulasi tersebut menempatkan Ganjar-RK di posisi teratas.

Duet mantan gubernur itu unggul dalam simulasi persaingan dengan Prabowo Subianto-Erick Thohir maupun Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar (AMIN).

Elektabilitas Ganjar-RK juga terlihat kokoh sekalipun Prabowo dipasangkan dengan Gibran Rakabuming Raka yang notabene putra Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kami menyimulasikan, misalnya Ganjar Pranowo-Ridwan Kamil, kemudian Prabowo Subianto dengan Erick Thohir, dan Anies Baswedan dengan Muhaimin Iskandar,” kata Direktur Eksekutif PRC Rio Prayogo dalam rilis survei bertajuk Peta Politik Jawa Timur Pasca-Deklarasi AMIN yang disiarkan melalui YouTube, Minggu (17/9).

Pada simulasi pertama, Ganjar-RK bersaing dengan Prabowo-Erick dan Anies-Muhaimin. Hasilnya ialah Ganjar-RK memiliki elektabilitas 40,3 persen.

Adapun Prabowo-Erick berada di peringkat kedua dengan 30,8 persen, sedangkan Anies-Muhaimin menempati posisi juru kunci (18,6 persen).

Survei Politika Research & Consulting (PRC) menunjukkan elektabilitas Ganjar makin moncer jika mantan gubernur Jateng itu berpasangan dengan Ridwan Kamil.

Sumber Antara

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close