Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Poltracking: Pilgub Jatim Milik Khofifah

Sabtu, 23 Juni 2018 – 22:41 WIB
Survei Poltracking: Pilgub Jatim Milik Khofifah - JPNN.COM
Tambah Usia, Ini Doa Khofifah Indar Parawansa. Foto for JPNN.com

jpnn.com - Survei Poltracking terbaru menunjukkan kemenangan Pilkada Jawa Timur 2018 merupakan milik pasangan Khofifah Indar Parawansa - Elestianto Dardak. Hasil ini diketahui dari survei dengan pertanyaan spontan terbuka maupun simulasi surat suara.

Secara spontan dan terbuka, responden yang memilih pasangan Khofifah-Emil mencapai 39,1 persen, unggul dari pasangan Saifullah Yusuf (Gus Ipul) – Puti Guntur Soekarno (34.8%), dan undecided voters (16.8%).

"Tapi yang lebih penting, dalam simulasi dua pasangan gubernur dan wakil gubernur menggunakan kertas suara, elektabilitas Khofifah - Emil 51.8, unggul dari pasangan Gus Ipul – Puti 43.5, dengan undecided voters 4.7%," kata Direktur Eksekutif Poltracking Hanta Yuda.

Hal itu disampaikannya dalam paparan hasil survei lembaganya di Hotel Sari Pan Pasific, Jakarta pada Sabtu (23/6). Dia menyebutkan bahwa trend elektabilitas kandidat dalam dua periode terakhir survei menggunakan kertas suara menunjukan pasangan Khofifah - Emil naik dari survei sebelumnya. Begitu pula pesaingnya.

Survei ini juga mengungkap temuan popularitas dan akseptabilitas kedua paslon. Di mana tingkat keterkenalan kandidat oleh pemilih, baik Khofifah (83.8%) maupun Gus Ipul (83.3%) mempunyai angka popularitas yang praktisnyaris sama, berada di bawah Margin or Error 2.8%) pada saat pengambilan data dilakukan.

"Tetapi secara akseptabilitas, Khofifah (72.3%) sedikit lebih banyak disukai masyarakat dibandingkan Gus Ipul (70.5%) pada saat pengambilan data dilakukan," jelas Hanta.

Survei ini menggunakan metode stratified multistage random sampling. Jumlah sampel dalam survei ini adalah 1200 responden dengan margin of error +/- 2.8% pada tingkat kepercayaan 95%.

Metode pengumpulan data adalah responden terpilih diwawancara secara tatap muka menggunakan kuesioner oleh pewawancara yang telah dilatih. Setiap pewawancara bertugas mewawancarai 10 responden untuk setiap satu kelurahan.

Survei Poltracking terbaru menunjukkan kemenangan Pilkada Jawa Timur 2018 merupakan milik pasangan Khofifah Indar Parawansa - Elestianto Dardak

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close