Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei SMRC: Elektabilitas PKB Menempati Peringkat Ketiga

Kamis, 07 Oktober 2021 – 18:15 WIB
Survei SMRC: Elektabilitas PKB Menempati Peringkat Ketiga - JPNN.COM
Ketum DPP PKB Abdul Muhaimin Iskandar. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Survei milik Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) menyatakan elektabilitas Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) menunjukkan tren positif.

Elektabilitas parpol yang dipimpin Muhaimin Iskandar itu berada di posisi ketiga dan mengalami penguatan dalam dua tahun terakhir ini.

Hal itu seperti tertuang dalam survei SMRC berjudul Partai dan Calon Presiden: Kecenderungan Sikap Pemilih Menjelang 2024 yang dirilis di Jakarta, Kamis (7/10).

Direktur riset SMRC Deni Irvani menuturkan bahwa data survei pihaknya menunjukkan PKB mengalami peningkatan dari waktu ke waktu.

Pada survei teranyar ini elektabilitas PKB tercatat sepuluh persen. Angka itu naik dari temuan sebelumnya pada Maret 2020 yang sebesar 7,8 persen.

"Partai-partai yang mengalami penguatan dalam dua tahun terakhir selain PKB ada Golkar, Demokrat, PKS, dan Nasdem,” kata Deni.

Adapun pemilik elektabilitas tertinggi dalam survei SMRC masih ditempati PDI Perjuangan. Posisi kedua ditempati Golkar dengan 11,3 persen.

Posisi ketiga hingga ketujuh berturut-turut ditempati oleh PKB (sepuluh persen), Gerindra (9,9 persen), Demokrat (8,6 persen) PKS (enam persen), dan Nasdem (4,2 persen).

Survei SMRC menyatakan elektabilitas PKB menunjukkan tren positif, mengalami penguatan dalam dua tahun terakhir.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close