Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei Tempatkan Anies & Ganjar Paling Responsif Atasi Corona, Bu Risma di Posisi Berapa?

Sabtu, 04 Juli 2020 – 14:14 WIB
Survei Tempatkan Anies & Ganjar Paling Responsif Atasi Corona, Bu Risma di Posisi Berapa? - JPNN.COM
Gubernur DKI Anies Baswedan dan Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Instagram/ganjarpranowo

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia Political Opinion (IPO) merilis hasil surveinya yang bertitel Evaluasi Publik: Penanganan Pandemi Covid-19 dan Implikasi Sosiopolitik Nasional di Jakarta, Sabtu (4/7).

Dalam survei yang dilaksanakan pada 8-25 Juni 2020 itu, IPO memotret persepsi masyarakat atas kinerja kepala daerah dalam menangani pandemi Covid-19.

Direktur Eksekutif IPO Dedi Kurnia Syah mengatakan, survei lembaganya menempatkan Gubernur DKI Anies Baswedan sebagai kepala daerah paling responsif dalam menangani virus yang memicu pandemi global itu. Anies berada di posisi teratas dengan 62,6 persen.

Di bawah Anies ada Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo (60,1 persen), lalu Gubernur DIY Sri Sultan Hamengkubuwono X (54,3 persen). Masuknya nama Sultan Ngayogyakarta Hadiningrat itu menggeser Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil.

"Formasi ini menggeser Ridwan Kamil yang hanya memperoleh penilaian 53,0 persen dari yang biasanya selalu bersanding dengan Anies dan Ganjar," kata Dedi dalam sebuah diskusi bertema Menanti Perombakan Kabinet, Sabtu (4/7).

Adapun di bawah Ridwan Kamil ada Gubernur Bali I Wayan Koster (48,4 persen) dan Plt Gubernur Aceh Nova Iriansyah (45,2 persen). Nama Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang mewarnai berbagai pemberitaan media justru cuma mengantongi 40,1 persen.

Adapun di bawah Risma ada Gubernur Sumut Edy Rahmayadi dengan 40 persen. Yang menarik adalah munculnya nama Bupati Bolaang Mengondow Timur (Boltim) Sehan Salim Landjar dengan 37,7 persen di atas Gubernur Jatim Khofifah Indar Parawansa (36,2 persen), Wali Kota Bogor Bima Arya dan Gubernur Sulsel Nurdin Abdullah.

“Popularitas bupati Boltim cukup mendapat perhatian publik, ia dianggap responsif dan lebih baik dari Gubernur Khofifah Indar Parawansa. Meskipun Khofifah berada di Jawa, faktanya ia dianggap lebih lamban dari Gubernur Bali, Gubernur Aceh Darussalam, Gubernur Sumatera Utara, bahkan dari wali kota Surabaya sekalipun," kata Dedi.

Survei Indonesia Political Opinion (IPO) menempatkan Anies Baswedan sebagai kepala daerah paling reponsif, diikuti Ganjar dan Sultan HB X.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close