Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Survei: Tingkat Kepercayaan Publik ke KPK Paling Tinggi, Polri Terendah

Senin, 24 Februari 2020 – 05:20 WIB
Survei: Tingkat Kepercayaan Publik ke KPK Paling Tinggi, Polri Terendah - JPNN.COM
Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK). Foto/ilustrasi: arsip JPNN.com/Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Lembaga survei Indo Barometer menyebut, Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) menempati posisi tertinggi dalam tingkat kepercayaan publik. Lembaga antirasuah ini mengalahkan Mahkamah Agung, Kejaksaan Agung dan Polri.

"Tingkat kepercayaan publik terhadap lembaga penegak hukum yang tertinggi adalah Komisi Pemberantasan Korupsi adalah 81,8 persen," kata Direktur Eksekutif Indobarometer M Qodari saat nerikus survei bertajuk "Road To Capres dan Parpol 2024" di Hotel Atlet Century, Jakarta, Minggu (23/2).

Sementara Mahkamah Agung mendapat kepercayaan publik 75,4 persen, Kejaksaan Agung 52,9 persen dan Polri 51,9 persen.

Selain itu, kata Qodari, tingkat keterkenalan publik terhadap pimpinan penegak hukum ditempati Kapolri Idham Azis di posisi tertinggi. Idham dikenal 31,4 persen koresponden. Ketua KPK Firli Bahuri (23,8 persen), Ketua Mahkamah Agung Muhammad Hatta Ali (19,6 persen), dan Jaksa Agung ST Burhanuddin (19 persen).

Sedangkan kepuasan terhadap kinerja nama penegak hukum tersebut adalah Idham Azis (67,6 persen), Firli Bahuri (61,1 persen), Muhammad Hatta Ali (62,1 persen) dan ST Burhanuddin (57,9 persen).

Survei ini menggunakan pertanyaan tertutup (tidak ada pilihan) kepada sebanyak 1.200 responden di seluruh Indonesia. Margin of error sekitar 2,83 persen, pada tingkat kepercayaan 95 persen. Responden adalah mereka warga yang minimal berusia 17 tahun atau lebih, atau sudah menikah pada saat survei dilakukan. (tan/jpnn)

Sedangkan kepuasan terhadap kinerja nama penegak hukum tersebut adalah Idham Azis (67,6 persen), Firli Bahuri (61,1 persen), Muhammad Hatta Ali (62,1 persen) dan ST Burhanuddin (57,9 persen).

Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close