Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Susanto Megaranto Siapkan Langkah Kejutan di Piala Dunia Catur 2019

Selasa, 03 September 2019 – 21:10 WIB
Susanto Megaranto Siapkan Langkah Kejutan di Piala Dunia Catur 2019 - JPNN.COM
Susanto Megaranto. Foto: A Rauf Andar Adipati

jpnn.com, JAKARTA - GM Susanto Megaranto tanpa beban jelang tampil di Piala Dunia Catur 2019 di Khanty Mansiyk, Rusia mulai 9 September hingga 4 Oktober nanti.

"(Sekarang) sudah enggak demam panggung lagi, kalau pressure pasti ada. Nothing to lose aja. Mungkin justru lawannya yang terbebani," kata Susanto seperti dikutip dari Antara, Selasa (3/9).

Susanto akan tampil mewakili Indonesia pada Piala Dunia Catur 2019. Ia berhak tampil di ajang bergengsi tersebut setelah menjadi juara kawasan Zona 3.3 Asia Timur 2019.

Namun pecatur berusia 31 tahun ini akan bertemu lawan berat sejak putaran pertama. Ia akan ditantang GM Sergey Karjakin, yang pernah menjuarai ajang ini pada 2015.

BACA JUGA: MURI Minta Maaf Tak Bisa Akui Turnamen Catur Piala Ketua DPR jadi Rekor Indonesia

Untuk itu, Susanto menuturkan bahwa ia akan melakukan langkah-langkah kejutan agar bisa memelihara peluang lolos ke putaran kedua. "Akan ada langkah-langkah kejutan di segi opening atau permainan middle. Soalnya kalau permainan biasa sudah terbaca sama dia," tuturnya.

Dari dua kali partisipasinya di Piala Dunia Catur, Susanto belum pernah mampu melewati putaran pertama. Hal itu diakuinya membuat ia penasaran dan berupaya keras untuk menebusnya pada kesempatan tahun ini.

Namun, menjelang keberangkatannya ke Rusia, Susanto menuturkan bahwa bantuan dari berbagai pihak bagi dirinya secara khusus, dan cabang olahraga catur secara umum, sangat minim. Dia memberi contoh pelaksanaan pelatihan nasional (Pelatnas) SEA Games yang harus terhenti sementara karena konflik pengurus Percasi. "Kalau dari atlet yang sangat terganggu, karena sekarang jadi latihan sendiri-sendiri," tuturnya. (rauf/ant/jpnn)

Piala Dunia Catur 2019 akan berlangsung di Khanty Mansiyk, Rusia mulai 9 September hingga 4 Oktober.

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close