Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Susu Beracun Tak Hanya Dijual di Tiongkok

Kamis, 18 September 2008 – 10:17 WIB
Susu Beracun Tak Hanya Dijual di Tiongkok - JPNN.COM
BEIJING - Skandal susu beracun di Tiongkok terus melebar. Susu formula untuk bayi itu ternyata juga dipasarkan di sedikitnya lima negara lain, yaitu Bangladesh, Myanmar, Yaman, Burundi, dan Gabon. Keterangan tersebut diperoleh dari dua perusahaan -Suokang dan Yashili- yang produksi susunya juga terdeteksi beracun.

Di sisi lain, kekhawatiran para orang tua juga menjadi-jadi, apalagi jumlah bayi yang sakit akibat susu terkontaminasi melamin itu sudah membengkak lima kali lipat dari yang diumumkan sebelumnya. Menteri Kesehatan Chen Zhu mengatakan jumlahnya menyentuh angka 6.244 bayi.

Di antara jumlah tersebut, 4.917 bayi mengalami gejala ringan dan 1.327 dirawat di rumah sakit. Sedangkan jumlah bayi yang menderita gagal ginjal parah mencapai 158 serta korban meninggal menjadi tiga bayi. Bayi ketiga yang menemui ajal akibat mengonsumsi susu beracun itu tinggal di Provinsi Zhejiang. Chen tidak merinci identitas korban. Dua korban meninggal lainnya adalah bayi laki-laki 5 bulan dan bayi perempuan 8 bulan yang sama-sama dari Provinsi Gansu.

Sebagian besar buah hati yang sakit itu diketahui mengalami gangguan ketika buang air kecil karena mempunyai batu ginjal. Untuk mengantisipasi jatuhnya korban fatal lebih banyak, selain memusnahkan susu formula yang terkontaminasi, pemerintah menyediakan layanan kesehatan cuma-cuma serta membuka hotline. Saat ini, sedikitnya 1.300 bayi korban susu maut dirawat di rumah sakit.

BEIJING - Skandal susu beracun di Tiongkok terus melebar. Susu formula untuk bayi itu ternyata juga dipasarkan di sedikitnya lima negara lain, yaitu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close