Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Sutanto: BIN Bukan Milik Pemerintah atau Parpol

Selasa, 24 Mei 2011 – 15:08 WIB
Sutanto: BIN Bukan Milik Pemerintah atau Parpol - JPNN.COM
JAKARTA- Kepala Badan inteligen Negara (BIN), Sutanto mengatakan bahwa ketakutan sejumlah kalangan akan RUU Intelijen dinilai tidak berdasar. Menurut, Sutanto citra BIN pada masa lalu memang kurang baik karena dianggap menjadi milik pemerintah (penguasa Orde Baru). Namun, dengan RUU Intelijen yang baru ini bertujuan untuk kepentingan bangsa di masa depan.

"Kenapa kita tidak melihat masa depan saja. RUU Intelijen ini dibuat untuk kepentingan bangsa dan negara. Bukan kepentingan pemerintah atau parpol tertentu," ujar Sutanto dalam rapat kerja dengan Komisi I DPR RI, Selasa (24/5).

Dia tidak menyalahkan berbagai tanggapan negatif dari masyarakat berkaitan dengan inteligen. "Dulu kalau ada masyarakat yang hilang disebut-sebut karena TNI, Polri, dan Inteligen. Makanya ketika DPR RI mengeluarkan inisiatif membuat RUU inteligen, gelombang protes terus berdatangan. Ada kekhawatiran, inteligen akan menjadi lembaga superbody dan bisa memata-matai serta menyadap kegiatan masyarakat," tuturnya.

Hanya saja, lanjut Sutanto, ketakutan itu terlalu berlebihan. Karena dengan adanya RUU BIN, justru akan dipertegas kalau BIN bukan merupakan alat pemerintah, tapi menjadi bekerja untuk kepentingan masyarakat Indonesia.

JAKARTA- Kepala Badan inteligen Negara (BIN), Sutanto mengatakan bahwa ketakutan sejumlah kalangan akan RUU Intelijen dinilai tidak berdasar. Menurut,

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA