Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suu Kyi Terima Penghargaan Yang Tertunda

Jumat, 01 Februari 2013 – 07:12 WIB
Suu Kyi Terima Penghargaan Yang Tertunda - JPNN.COM
SEOUL – Setelah tertunda selama sekitar sembilan tahun, Aung San Suu Kyi akhirnya menerima penghargaan Gwangju Prize for Human Rights di sela kunjungannya ke Korea Selatan (Korsel) Kamis (31/1). Tokoh dan ikon demokrasi Myanmar tersebut mengaku sangat bahagia bisa menerima secara langsung penghargaan yang seharusnya dia terima pada 2004.

 

Dalam pidatonya, Suu Kyi mengucapkan terima kasih kepada May 18 Memorial Foundation, yayasan Korsel yang menganugerahkan penghargaan bergengsi tersebut. Setiap tahun yayasan itu sengaja memberikan penghargaan kepada kelompok atau individu yang dinilai berjasa dalam bidang demokrasi.

Suu Kyi juga menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada aktivis prodemokrasi Korsel yang menyaksikan penyerahan penghargaan tersebut. ’’Mereka semua adalah teman-teman sejati dan pejuang yang memahami tantangan serta kendala yang akan mereka hadapi,’’ ujar perempuan 67 tahun itu tentang pejuang demokrasi.

Ketika namanya ditahbiskan sebagai penerima Gwangju Prize for Human Rights pada 2004, Suu Kyi memang masih berstatus sebagai tahanan rumah. Karena itu, dia tak bisa meninggalkan Myanmar untuk menerimanya.

SEOUL – Setelah tertunda selama sekitar sembilan tahun, Aung San Suu Kyi akhirnya menerima penghargaan Gwangju Prize for Human Rights di sela

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA