Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Suvernir Cantik Berbahan Dasar Kayu Jati

Jumat, 14 September 2018 – 14:27 WIB
Suvernir Cantik Berbahan Dasar Kayu Jati - JPNN.COM
Beragam suvenir cantik berbahan dasar kayu jati. FOTO : Jawa Pos

jpnn.com, SURABAYA - Mau cari souvenir pernikahan yang berbeda? Akar kayu jati bisa jadi salah satu pilihan. Selain bentuknya yang unik, karena terbuat dari kayu pilihan, produk itu tetap memiliki nilai jual lebih.

Padahal, menurut salah satu desainer suvenir Drestanti Inggar Kartika bahan-bahan yang digunakan adalah bahan sisa. ''Waste semua, karena dari jati jadi tetap bagus,'' ungkap perempuan yang akrab disapa Tanti itu.

Penggunaan bahan sisa tersebut tak menjadi hambatan bagi Tanti dan kawan-kawan. Berbagai suvenir bisa dipilih calon pengantin. Piring, kotak makan, hingga sendok dan garpu dengan corak serat kayu terlihat cantik untuk digunakan maupun dipajang. ''Kami masih fokus di kitchen wear karena sesuai dengan sisa kayu yang ada,'' imbuh penggagas Gendhis Good itu. 

Untuk klien-kliennya, Tanti sangat menyarankan penggunaan warna kayu asli. ''Asli itu udah cantik. Aman pula,'' ujarnya. Dia dan tim tak menyarankan penggunaan pewarna sebagai cat tambahan. Bahkan, mereka menghindari grafir aneh-aneh pada produk. ''Kalau inisial di bagian bawah, masih gak papa. Kalau gede, sayang,'' imbuh perempuan 26 tahun itu.

Desain kayu yang halus tidak diproses dengan bahan kimia, namun dengan diampelas hingga sempurna. ''Kita ini handmade, jadi sama-sama garpu tapi bisa jadi celahnya berbeda,'' tegas perempuan asal Surabaya itu. Tanpa bantuan lem atau pernis tertentu memang menantang bagi pembuatan desain barang yang rumit. 

Klien juga tak perlu khawatir dengan penggunaannya. Cukup dicuci dengan sabun cuci piring biasa. Jika ingin menghilangkan noda yang tertinggal, Tanti menyarankan untuk menggosoknya dengan minyak goreng. ''Yang penting disimpan di tempat kering ya,'' tekannya. (dya/c19/end) 

Desain kayu yang halus tidak diproses dengan bahan kimia, namun dengan diampelas hingga sempurna

Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
  • Lifestyle

    Bingung Cari Suvenir Nikah? Undangan ini Bisa Jadi Pilihan

    Rabu, 31 Oktober 2018 – 17:02 WIB
    Bingung Cari Suvenir Nikah? Undangan ini Bisa Jadi Pilihan - JPNN.com
  • Features

    Mahasiswa Cantik Ini Kreatif, Penghasilan Bulanan…Wouw!

    Minggu, 04 Juni 2017 – 00:42 WIB
    Mahasiswa Cantik Ini Kreatif, Penghasilan Bulanan…Wouw! - JPNN.com
X Close