Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Syarief Hasan Ungkap Potensi Desa yang Bisa Tingkatkan Perekonomian Rakyat

Selasa, 09 Agustus 2022 – 23:41 WIB
Syarief Hasan Ungkap Potensi Desa yang Bisa Tingkatkan Perekonomian Rakyat - JPNN.COM
Wakil Ketua MPR RI Syarief Hasan menunjukkan produk lokal Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/8). Foto: Humas MPR RI

jpnn.com, CIANJUR - Wakil Ketua MPR RI Sjarifuddin Hasan atau Syarief Hasan mengungkapkan desa-desa di Indonesia pasti memiliki potensi jika dikembangkan secara optimal. Jika dikelola secara profesional, potensi desa-desa bisa menaikkan kesejahteraan rakyat.

"Banyak sekali potensi desa yang bisa dikembangkan seperti kuliner khas, wisata alam, dan kekayaan seni budaya. Namun, kebanyakan semua itu dikelola rakyat secara individu dan masih memakai cara tradisional. Pendampingan pengelolaan kekayaan desa untuk meningkatkan produksi dan perluasan jaringan pemasaran perlu diperkuat," katanya 

Hal tersebut diutarakan Pimpinan MPR dari Partai Demokrat ini seusai menghadiri sekaligus menjadi narasumber utama acara diskusi interaktif  Dengar Pendapat Masyarakat di Aula Sarongge Valley kerja sama MPR RI dengan Pemerintah Desa Ciputri, Kecamatan Pacet, Kabupaten Cianjur, Jawa Barat, Selasa (9/8).

Acara tersebut menghadirkan pameran beragam produk kuliner lokal masyarakat yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Ciputri.

Kehadiran Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) di setiap desa, lanjut Syarief Hasan, harus didukung agar tetap bertahan dan lebih besar. 

"Begitu sampai di Desa Ciputri ini, saya berkesempatan meninjau stan produk kuliner khas desa ini yang dikelola BUMDes. Saya perhatikan produknya beragam dengan kemasan yang tidak kalah dengan produk yang dijual di supermarket besar," ungkapnya.

Syarief Hasan menyatakan BUMDes Ciputri masuk 10 besar terbaik se-Kabupaten Cianjur dan sekarang mempersiapkan diri menjadi yang terbaik se-Jawa Barat. 

Selain produk kuliner, Syarief Hasan melihat Desa ini memiliki kekayaan seni budaya antara lain pencak silat.

Syarief Hasan mendorong optimalisasi potensi desa untuk meningkatkan kesejahteraan rakyat

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA
X Close