Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tahanan Meninggal di Rutan Pakjo, Kadivpas Kemenkumham Sumsel: Murni karena Sakit

Jumat, 09 Agustus 2024 – 20:05 WIB
Tahanan Meninggal di Rutan Pakjo, Kadivpas Kemenkumham Sumsel: Murni karena Sakit - JPNN.COM
Kepala Divisi Pemasyarakatan (Kadivpas) Kanwil Kemenkumham Sumsel Mulyadi. Foto: Cuci Hati/JPNN.com.

jpnn.com - PALEMBANG - Seorang tahanan bernama Irohmin meninggal dunia di Rumah Tahanan (Rutan) Pakjo Kelas I Palembang, Sumatera Selatan, Kamis (8/8).

Kepala Divisi Pemasyarakatan Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Sumsel Mulyadi mengungkapkan bahwa berdasarkan pemeriksaan dokter rutan, tahanan itu meninggal dunia dikarenakan sakit.

"Jadi, berdasarkan laporan dari rutan, tahanan itu diduga memang sakit, dan bisa dikuatkan dari keterangan dokter rutan. Menurut dokter, yang bersangkutan (tahanan) pernah mengeluh sakit perut kemudian suka pusing dan sempat jatuh di dalam kamar," ungkap Mulyadi, Jumat (9/8).

Saat ini, pihak keluarga menunggu hasil autopsi di RS Bhayangkara Moh Hasan Palembang, karena merasa penyebab kematian Irohmin janggal.

Menanggapi hal itu, Mulyadi tidak mempermasalahkannya.

"Autopsi silahkan. Memang kewenangan pihak keluarga untuk mencari tahu apakah anggota keluarganya meninggal secara normal atau ada kekerasan, " ungkap Mulyadi.

Dalam kurun waktu satu minggu sudah dua kali terjadi tahanan rutan yang tewas.
Mulyadi telah memerintahkan setiap karutan dan kepala lapas melakukan pengecekan kesehatan rutin terhadap tahanan/warga binaan.

Mulyadi menyatakan pihaknya juga akan melakukan investigasi internal jika ditemukan ada kesalahan anggotanya terkait meninggalnya tahanan tersebut.

Kadivpas Kemenkumham Sumsel Mulyadi menyebut tahanan Rutan Pakjo meninggal dunia karena sakit.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA