Close Banner Apps JPNN.com
JPNN.com App
Aplikasi Berita Terbaru dan Terpopuler
Dapatkan di Play Store atau Apps Store
Download Apps JPNN.com

Tahun Depan, Malaysia Impor Batu Bara Indonesia 12,75 Juta Ton

Selasa, 25 November 2008 – 09:05 WIB
Tahun Depan, Malaysia Impor Batu Bara Indonesia 12,75 Juta Ton - JPNN.COM
JAKARTA - Permintaan energi primer seperti batubara tetap tinggi meski dunia dilanda krisis finansial. Buktinya, tahun depan, Malaysia akan menambah volume impor batubara dari Indonesia. Menteri Energi, Air dan Komunikasi Malaysia Shaziman bin Abu Mansor mengatakan, jika tahun ini Malaysia mengimpor batubara dari Indonesia sebesar 10,2 juta ton, tahun depan diperkirakan naik menjadi 12,75 juta ton. ''Demand memang naik,'' ujarnya usai bertemu dengan Menteri ESDM Purnomo Yusgiantoro di Jakarta kemarin (24/11).

Menurut dia, jumlah yang diimpor itu adalah 85 persen dari total seluruh kebutuhan batubara perusahaan listrik Malaysia, Tenaga Nasional Berhad (TNB) yang besarnya 12 juta ton pada tahun ini. Dan untuk tahun depan, angkanya naik menjadi 15 juta ton.

Shaziman mengatakan, pihaknya juga ingin memastikan keamanan pasokan batubara dari Indonesia. ''Kami sudah dapat kepastian, cadangan batubara Indonesia masih banyak. Jadi, tidak masalah memasok ke TNB, karena hubungan baik dengan Malaysia juga,'' katanya.

Kebutuhan batubara TNB di Malaysia, jelas dia, diperkirakan akan terus meningkat, terutama dengan beroperasinya pembangkit-pembangkit baru. Jika sudah ada pembangkit baru yang beroperasi, maka kebutuhan batubara Malaysia akan meningkat menjadi 19 juta ton per tahun.

JAKARTA - Permintaan energi primer seperti batubara tetap tinggi meski dunia dilanda krisis finansial. Buktinya, tahun depan, Malaysia akan menambah

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News

BERITA LAINNYA